NAMA : Amalia Ananda Putri
NPM : 10212676
KELAS :1EA17
Tugas 1>Tulisan
ILMU BUDAYA DASAR
1.1
IBD Sebagai bagian dari MKDU
-
Menjelaskan
pengertian MKDU: MKDU adalah Ilmu yang berbicara tentang nilai
- nilai, kebudayaan dan berbagai masalah yang dihadapi manusia dalam hidup
sehari2 dan untuk menyelesaikan masalah yang ada yang dihadapi setiap orang
untuk selalu diselesaikannya
contoh:
·
Masalah : Konflik antar sesama manusia yang terjadi
karena masalah yang terkadang berhubungan dengan yang tidak terlalu serius dan
juga serius misalnya masalah yang sebenarnya tidak terlalu diketahui oeh
tetangga tetapi tetangganya ingin bergosip dengan tetangga yang lainnya. Dan
ketika si yang punya masalah sedang berbelanja atau menyapa tetangganya si
tetangganya pun menjadi jijik melihat si tetangga yang menyapanya barusan ini
dan tak mau melihatnya pada akhirnya pun tetanga yang mempunyai masalah pun
mencari tau kenapa tetangga tetangga yang lain sinis melihat dirinya dan
keluarga ketika dia mendengarnya pun ia menjadi sangat marah dan mengendalikan
emosi dengan kepala dingin ia pun memberanikan diri untuk menceritakan keadaan
yang sebenarnya walau hati masih marah ingin putus hubungan persaudaraan dengan
tetangganya inilah salah satu masalah yang berhubungan dengan konflik
·
Kebudayaan: adalah
melestarikan kebudayaan daerah daerah yang ada supaya tidak punah atau hilang
begitu saja kebudayaannya sehingga harus tetap dijaga supaya kebudayaan itu
tidak cepat punah dan tetap harus dihargai keberadaannya. misalnya Tari
jaipong,Saman,Tari piring,dll
·
Nilai: menilai salah satu mata kuliah yang ada dan
berhubungan dengan IBD menjadi salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa, dikarenakan
merupakan mata kuliah yang menjadi kan pola pikir mahasiswa menjadi lebih ter arah
dalam menjalankan aktivitasnya. Didalam lingkungannya dan keberadaannya ia pun di tuntut untuk menetahui
suatu istilah dasar apa itu masalah apa itu kebudayaan apa itu nilai dll yang
harus diketahui apa maksud dasarnya. Sehingga mahasiswa dapat menjelaskan apaitu
yang ditanya dasarnya.
Opini: Menurut
saya IBD dalam hal ini merupakan Bagian dalam kehidupan manusia untuk
menjalankan sehari harinya seperti dalam nilai – nilai yaitu nilai yang dapat
saya simpulkan nilai ini berguna pada saya karena nilai yang ada dalam IBD
bagian dari MKDU merupakan fungsinya memperbanyak ilmu yang diserap,selain itu
kebudayaan kebudayaan yaitu budaya yang bersifat menghibur di dalam kehidupan
selain menghibur ia juga dapat dipelajari untuk apasih budaya itu bagaimana
kebudayaan itu bisa dipahami oleh setiap manusia itu sendiri dengan banyak
mendengar,membaca,melihat kebudayaan itu bisa dibilang seni . masalah masalah
adalah sebuah konflik yang terkadang sifatnya belum tentu serius artinya
konflik dengan hal spele itu terkadang membuat kita rusuh dengan adanya masalah
bagaimana sih caranya menyelesaikan masalah tanpa harus emosi nah dalam IBD itu
semua dapat kita pelajari apa dan maksud diadakan IBD itu sendiri dengan
mempelajari saja tidak cukup tapi kita harus terjun sendiri melihat kondisi
atau suasana yang ada di lingkungan itu terkadang enak dan terkadang tidak enak
namun banyak orang yang suka terhadap masalah atau mencari masalah menurutnya
itu hal yang wajar tetapi didalam beretika hal ini tidak dibolehkan karena
bersifat menggangu,tidak sopan dan selalu ingin menang sendiri dalam pelajaran
ini kami semua dituntut untuk selalu menghargai orang mau itu yang lebih tua
maupun yang lebih muda karena setiap orang itu berbeda tidak semua yang lebih
tua itu lebih benar atau yang lebih muda itu selalu salah itu semua tidak benar
kita harus berpikir positif dalam apa masalahnya situasi kondisi yang di hadapi
semua ada hikmah dibalik masalah yang di dapat
Contoh kasus:
mahasiswa harus mengetahui pernyataan pernyataan yang dasar terlebih dahulu
untuk memperkuat dirinya didalam bidang ilmu pengetahuan walau hanya teorinya
saja yang penting tau apa dasarnya yang dimaksud untuk apa rumah fungsinya apa
dll.
-
Menyebutkan tujuan MKDU
Mahasiswa
mampu membangun jati diri dan menjadi orang yang bijak dalam setiap langkah,keputusan
yang diambil dan menjadi mahasiswa yang berjiwa pancasila yang memiliki
semangat dalam menuntut ilmu yang tinggi, berwawasan luas menjadikannya pribadi
yang efektif bagi kehidupan bermasyarakat Mahasiswa dituntut untuk
memeperlihatkan minat dan kebiasaan menyelidiki apa yang terjadi di sekitarnya
dan di luar lingkungannya,serta melihat kesadaran diri untuk selalu jujur
terhadap apa yang dikerjakannya didalam kehidupan sehari –
harinya dan.
1. Takwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa , bersikap dan bertindak sesuai dengan ajaran
agamanya. Dapat saling menghormati serta menghargai pemeluk agama lain baik di
dalam suatu organisasi ataupun di lingkungan sekitar .
2. Berjiwa
Pancasila, agar dapat mencerminkan nilai-nilai pancasila dalam membuat
keputusan ataupun bertindak dan juga memiliki integritas yang tinggi seperti,
mendahulukan kepentingan nasional sebagai sarjana Indonesia .
3. Memiliki
wawasan yang luas dan memiliki sifat yang Integral / tidak setengah- setengah
dalam menyelesaikan dan menyikapi suatu permasalahan kehidupan baik ekonomi ,
politik , social , kebudayaan serta pertahanan keamanan .
Memiliki
wawasan yang luas mengenai kebudayaan di dalam kehidupan bermasyarakat dan
secara bersamaan mampu ikut serta meningkatkan juga melestarikan kualitas di masyarakat tersebut.
Opini: menurut saya
tujuan dibangun adanya MKDU yang menyebutkan tujuan dari sini adalah seluruh
manusia (mahasiswa) harus mempunyai kebiasaan yang baik tetapi tidak hanya baik
saja melainkan manusia (mahasiswa) dituntun harus menjadi orang yang selalu
jujur yang memiliki tuhannya yang selalu diingatnya, berjiwa pancasila artinya
berjiwa pancasila itu adalah membangun negaranya sendiri yang bersifat netral
(jujur) didalam benak yaitu Indonesia atau memajukan negara Indonesia dengan
membanggakan bahasa yang dimiliki atau dipunyai untuk menjadi GO Internasional,
mempunyai jiwa pemberani yang selalu untuk mencoba (semangat),berjiwa saing
dalam tukar pikiran (berasaing untuk menguasai ilmu yang di dapat) dan tidak
pernah mengatakan putus asa dalan benaknya.
Dalam keseharian manusia selalu dituntut menjadi pekerja (pelajar) yang
efektif artinya tidak pernah menjalankan dengan setengah hati (malas) orang
yang memiliki jiwa ini semua adalah tujuan yang ada di dalam MKDU sebagai
tujuan selain itu manusia (mahasiswa) harus banyak mempelajari apasih tujuannya
apa manfaatnya manfaatnya ialah manusia (mahasiswa) yang telah menerapkan
tujuan MKDU orangnya selalu mandiri tidak ada kata menyerah atau pun putus asa
dalam sesulit sulitnya apa yang dikerjakan dan tentunya tidak pernah mengeluh
pada kondisi apapun. Pelajaran ini bagus untuk dipelajari karena bagus untuk
kedisplinan atau berpikir secara jernih untuk bersaing secara sehat yang
pastinya membangun negaranya sendiri untuk maju. Dengan menerapakan pola pola
yang benar, baik, jujur,berjiwa semangat (bersaing),dan diterapkannya melalui
usaha dan berdoa pada sang pencipta kepada tuhan nya masing masing dan
kepercayaan masing masing yang selalu berlaku
Contoh
kasus: tujuannya dapat diartikan dengan istilah mahasiswa harus jujur apa yang
dikerjakannya dan selalu berusaha mendekatkan diri kedalam lingkungan yang ada
serta melihat dan membawa dirinya harus bagaiman dilingkungannya cara
bersikap,bersopan santun terhadap orang yang lebih tua yaitu orang tua
kandung/tiri, saudara kandung/tiri, dll
1.2
Pengertian Ilmu Budaya Dasar
-
Menjelaskan
pengertian ilmu budaya dasar : ilmu yang mempelajari
basic Humanitiesm ada pun istilah
Humanities itu berasal dari bahasa latin yang sudah berkembang yaitu humanus
yang berarti manusia, budaya, dan halus materi ini diandaikan menjadi manusiawi
yang berbudaya dan halus. Manusia budaya adalah manusia yang memiliki
kebudayaan yang tidak pernah dilupakannya kebudayaan yang sudah ada, memiliki
pikiran untuk selalu mengembangkan kebudayaan itu di mata masyarakat bagaimana
supaya masyarakat tidak bosan atau jenuh melihat kebudayaan itu sendiri,
menambahkan gerakan gerakan didalam budaya tetapi tidak mengganti 100% dalam
kebudayaan yang modern tetapi membuat kebudayaan itu campur dalam arti misalnya
tarian tarian jaipong dikombinasi dengan tarian modern sehingga menarik untuk
ditonton oleh masyarakat. Serta Ilmu pengetahuan yang memberikan pengetahuan
dasar dan pengetahuan mengenai konsep-konsep yang di kembangkan untuk memecahkan/
mengkaji sebuah masalah dan kebudayaan .
Opini : menurut
saya menjelaskan pengertian ilmu budaya dasar adalah ilmu yang sifatnya
sederhana tetapi banyak diterapkan didalam semua hal contoh : agama,hukum,dll
agama sering juga dapat dibilang menerapkan yang bersifat Manusiawi karena
agama selalu ada ayat ayat atau kandungan yang berisi bahwa setiap manusia
pasti mempunyai manusiawi tetapi karena jaman sudah modern sifat manusiawi ini
sudah menurun dikarenakan sogok menyogok yang sifatnya salah kerena menyogok ia
menjadi benar manusiawi adalah sifat
yang mempunyai hati nurani yang tumbuh kerena keiklasan di dalam hati tanpa
belas kasihan orang lain Hukum hukum ini menerapkan yang namanya bahwa manusia
harus (diwajibkan) mempunyai apa itu manusiawi manusiawi itu bersifat membantu
atau menolong sesama manusia yang lain secara ikhlas tanpa pamer semua berawal
karena hati yang selalu tidak ragu ragu dengan pelajaran ini mahasiswa dapat
menyimpulkan bahwa pentingnya hidup memiliki jiwa yang manusiawi, percaya
kepada tuhannya dan selalu ingin trus mempelajari materi materi yang bersifat
positif.
Contoh
kasus: yang penting tidak melupakan kebudayaan yang dianut oleh negara yang
kita tempati / tinggal ditempat tersebut dan selalu untuk dikembangkan
kebudayaan dalam arti tidak memusnahkan kebudayaan yang sudah ada dan mengganti
semua kebudayaan dengan kebudayaan yang modern.
-
Membedakan
IBD dengan pengetahuan budaya : yang membedakan IBD
adalah nilai nilai, kebudayaan, dan manusia kalau pengetahuan budaya adalah
ilmu basic humanities yang harus menjadi manusia yang lebih manusiawi yang
mempunyai etika serta berbudaya yang halus yang ada didalam setiap lingkungannya
dan manusia juga harus mempunyai moral, sopan santun harus tetap dijaga
sehingga budaya yang sudah ada juga dapat dihormati dengan negara negara lain
-
Ilmu Budaya dasar (The Basic of Humanities)
yaitu seperti yang telah di kemukakan di atas IBD adalah ilmu pengetahuan yang
mempejari tentang dasar- dasar (Basic) serta konsep yang di kembangkan dalam
pemecahan masalah, baik masalah dalam kehidupan sehari-hari maupun di dalam
suatu kebudayaan oleh karena itu Ilmu Budaya Dasar di sebut sebagai The Basic of
Humanities .
-
Pengetahuan Budaya (The Humanities) adalah
Ilmu pengetahuan yang mencakup keahlian cabang ilmu seni dan filsafat .
Keahlian inipun dapat di bagi ke beberapa cabang keahlian, seperti seni sastra
, seni tari , seni music , seni rupa dan lain-lain.
Opini:
menurut saya IBD pengetahuan budaya adalah IBD yang mempunyai suatu kebudayaan
yang sifatnya itu manusiawi jadi pada intinya manusia harus mempunyai sifat
manusiawi ini supaya tidak beretika yang buruk di pandang pada manusia lain mahasiswa
di tuntut mempelajari ini supaya mempunyai jiwa manusiawi mahasiswa harus
mempunyai jiwa ini karena ia nantinya akan kedunia pekerjaan mahasiswa juga
harus tahu jiwa manusiawi itu seperti apa.
Contoh
kasus: manusia harus mengetahui pengetahuan budaya apasih yang membuat budaya
suatu negara itu berkembang padahal tarian tarian yang lama dan yang baru
gerakannya juga sama itu itu saja yang membedakan adalah orang orang yang
menari itu lebih menarik perhatian publik dan lagu lagunya dikombinasi dengan
RNB,atau DJ sehingga masyarakat melupakan kebudayaan yang ada yang hampir
musnah atau punah.
-
Menyebutkan
3 kelompok besar dalam ilmu dan pengetahuan :
1. Ilmu alamiah :
Keteraturan
– keteraturan yang ada di alam semesta untuk menkaji hal itu menggunakan metode
ilmiah caranya ia dengan menentukan hukum yang berlaku mengenai keteraturan
keteraturan itu sendiri, yang tentunya berlaku pada hukum itu lalu membuat
analisis untuk menentukan sebuah kualitas. Yang termasuk kedalam suatu ilmu
alamiah ialah kimia,astronomi,fisika,mekanika dan kedokteran
2. Ilmu sosial :
Ilmu
sosial bertujuan untuk keteraturan yang berhubungan dengan manusia lain atau
kelompoknya sendiri dalam hal ini digunakannya metode ilmiah dalam pinjaman
ilmu alamiah. Tetapi sifat ini belum tentu 100% benar. Yang termasuk kedalam
ilmu sosial yaitu psikologi psikologi itu dapat membaca semuanya termasuk sifat
dan karakter manusia itu sendiri, ekonomi ekonomi itu dapat mengatur sebuah
perkonomian dalam hidup sendiri atau perekonomian perusahaan itu
sendiri,sosiologi,antropologi sosial,sosial hukum, dan demografi
3.
Pengetahuan
budaya
Pengetahuan
budaya tujuannya untuk memahami,mencari sebuah kenyataan yang sifatnya
manusiawi. Untuk mengkajinya dengan metode yang berhubungan pengungkapan
peristiwa – peristiwa dan pernyataan – pernyataan yang sifatnya unik. Kemudian
peristiwa dan pernyataan terdapat dalam tulisan
Opini:
menurut saya 3 kelompok besar dalam ilmu dan pengetahuan itu bertujuan
memberikan pengetahuan dasar, pengertian umum tentang sebuah konsep yang sudah
dikembangkan jadi di mata kuliah ini mahasiswa mampu memiliki jiwa kemanusiaan
dan pengetahuan yang dapat ia simpulkan sendiri menjadikan sarjana yang
memiliki softkill yang baik.
Sumber
:
Dari
ilmu budaya dasar penerbit Widyo Nugroho
Contoh
kasus: ilmu dan pengetahuan mkdu itu
adalah berbicara nilai nilai dan kebudayaan , kelompok besarnya ada 3 ilmu
alamiah,sosial, dan pengetahuan kebudayaan ilmu alamiah itu berhubungan dengan
alam semesta alam semesta itu berbagai macam misalnya
pantai,matahari,bintang,bulan,dll ini termasuk kedalam alam semesta. Sosial
adalah suatu interaksi anatara sesama masyarakat atau umat manusia yang ada
didunia ini contohnya berbicara dengan orang lain, berhubungan secara baik
dengan oraang lain,dll ini adalah suatu contoh ilmu sosial yang berinteraksi
sesama manusia dan saling tolong menolong,pengetahuan budaya berhubungan dengan
melestarikan suatu budaya yang sudah ada.
1.3
Tujuan Ilmu budaya dasar
-
Menjelaskan masalah budaya dengan benar :
ilmu yang mempelajari pengetahuan yang
diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian tentang
konsep-konsep umum yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan
kebudayaan atau ilmu yang mempelajari tentang dasar dasar kebudayaan dan budaya
memang salah satu jiwa dari nilai – nilai yang ada dimasyarakat
Contohnya
:
·
Menimbulkan Minat Untuk Mendalaminya
·
Lebih Peka dan Terbuka terhadap masalah
kemanusiaan dan kebudayaan serta lebih bertanggung jawab terhadap masalah itu
·
Menyadarkan kita terhadap nilai nilai yang
hidup dalam masyarakat, hormat menghormati anatara sesama serta simpati
terhadap nilai nilai yang hidup atau terdapat dalam masyarakat
Atau
masalah mengenai perubahan sistem nilai budaya.Sistem nilai budaya sendiri
adalah konsepsi- konsepsi tentang nilai yang hidup dalam alam pikiran sebagian
besar anggota masyarakat, dan berfungsi sebagai pedoman tertinggi bagi sikap
mental, cara berfikir, dan tingkah laku mereka. System nilai budaya juga
merupakan hasil pengalaman hidup yang berlangsung dalam kurun waktu yang lama,
sehingga menjadi kebiasaan yang berpola. Sistem nilai budaya yang berpola
merupakan gambaran sikap dan tingkah laku anggota masyarakat yang diwujudkan
dalam bentuk sikap dan perbuatan dalam hidup bermasyarakat. Apabila terjadi
perubahan pada system nilai budaya maka akan terjadi juga perubahan sikap
mental, pola pikir, dan pola tingkah laku anggota masyarakat dalam berbagai
aspek kehidupan.Contohnya seperti kebudayaan yang ada di Indonesia, Negara
Indonesia mempunyai beragam kebudayaan dari Ras / Suku dan Agama. Apabila
terjadi suatu kesalahpahaman di dalam berbudaya maka akan memberikan dampak
negatif di dalam lingkup ke masyarakatan. Salah satu dampak negatif apabila
terjadinya suatu masalah dalam berbudaya adalah terpecahnya kedamaian antar
masyarakat , kurangnya rasa saling menghormati dan menghargai antar suku / ras
dan agama. Sedangkan dampak positif jika tidak terjadinya masalah budaya adalah
terjalinnya hubungan yang baik antar masyarakat walaupun setiap individu
mempunyai perbedaannya masing-masing.
Opini:
Menurut saya masalah yang dikaji dalam budaya yang benar itu untuk mencari
solusi yang telah di kembangkan dalam hal ini jadi manusia banyak banyak mempelajari
dasar dasar kebudayaan apa sih kebudayaan itu yang sifatnya membangun manusia
yang ingin mengetahui tetntang budaya itu sendiri
Contoh
kasus: tujuan dasar ilmu budaya dasar untuk mengetahui tenatang keberadaan
kebudayaan pada umumnya dan meningkatkan mutu dan mendalami serta bertanggung
jawab atas keberadaan kebudayaan itu sendiri.
-
Menjelaskan Masalah Kemanusiaan dengan jelas
·
Kemiskinan : Kemiskinan memrupakan masalah
yang tidak ada habisnya. Angka kemiskinan semakin lama semakin meningkat dan
berdampak cemburunya sosial yang banyak di alami pada masyarakat kita hal ini
adanya jurang pemisahan si kaya dan si miskin atau hal yang paling sering di
keluhkan di kalangan masyarakat menengah ke bawah , karena sulitnya mencari
pekerjaan yang layak dan sulitnya untuk melanjutkan pendidikan karena tidak
adanya biaya. Kemiskinan tidak hanya terjadi di pedesaan tetapi juga di Ibu
Kota, seperti contohnya masih banyak rumah – rumah kumuh yang berada di
bantaran sungai. Menurut saya pemerintah tidak seharusnya lebih mementingkan
renovasi gedung-gedung pemerintah yang menurut saya masih kokoh untuk di
gunakan,lebih baik menggunakan dana tersebut untuk mengatasi kemiskinan di
masyarakat sekitar dan itu akan sangat membantu masyarakat yang kurang mampu di
dalam hal perekonomian dan juga pendidikan , karena masih banyak anak-anak yang
tidak mampu untuk mengenyam bangku pendidikan karena banyaknya kebutuhan yang
harus di penuhi seperti membeli seragam sekolah dan buku serta peralatannya.
·
Korupsi : Korupsi adalah merupakan hal yang
biasa dilakukan pada masyarakat kita maupun masyarakat luar, korupsi yang
sering merajalela sehingga sering terang terangan membuat korupsi itu sendiri,
mengapa korupsi susah untuk di brantas ? karena korupsi sudah makanan sehari
harinya yang merupakan kebudayaan dia yang negatif dan hampir semua masyarakat pun
mengetahui tentang hal ini. Korupsi bukanlah hal yang baik, karena secara tidak
langsung para Koruptor sudah
mengambil bagian yang bukan hak miliknya. Korupsi harus segera di berantas,
karena dengan begitu setiap masyarakat akan terbantu dengan dana-dana yang
memang sudah seharusnya di berikan untuk mereka. Tetapi zaman sekarang
sepertinya untuk memberantas korupsi pun bukan hal yang mudah , karena segala
sesuatunya dapat dibeli dengan uang.
·
Kebijakan Konversi minyak tanah ke gas elpiji
: Kelangkaan minyak tanah di dalam negeri mendorongkannya pemerintah untuk
mengambil keputusan atau kebijakan ini. Hal ini dilakukan supaya masyarakat
kita tidak kekurangan bahan bakar untuk kebutuhan rumah tangga pada sehari –
hari tetapi banyaknya masyarakat yang minim pada pengetahuan gas ini sehingga
banyak terjadinya kebakaraan pada rumahnya. Dan berikut ada dampak baik dan
juga dampak yang buruk. Dampak baiknya adalah masyarakat dapat mengenal metode
penggunaan peralatan yang lebih modern dan lebih terjangkau ketika terjadi
kelangkaan minyak tanah . Tetapi dampak
buruknya adalah tabung gas dapat meledak sewaktu-waktu dan dapat menimbulkan
kebakaran yang nantinya dapat menimbulkan kerugian dalam jumlah yang besar ,
selain itu dengan munculnya gas elpiji akan merugikan para pedagang minyak
tanah karena pengguna minyak tanah semakin sedikit dan permintaan minyak
tanahpun ikut menurun.
Opini:
menurut saya yang terjadi kelangkaan minyak tanah sehingga masyarakat banyak
yang beralih ke pada gas namun pengetahuan masyarakat dengan memakainya gas
kurang mengatahuinya sehingga banyak terjadi kebocoran gas pemerintah
seharusnya memberitahukan kepada masyarakat bagaimana caranya pemakaian gas itu
sendiri
-
Menyebutkan tujuan ilmu budaya dasar
·
Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk
menjadikan pemikiran yang luas dan pandangan hidup yang ada di dalam lingkungan
kedepan serta memiliki daya kritis tentang masalah kemanusian
·
Memberi motivasi kepada mahasiswa untuk
menjadi calon pemimpin bangsa dan negara, serta ahli dalam kedisiplinan yang di
perketat supaya mahasiswa mampu menjadi orang yang displin jadi calon bangsa
dan negara
·
Memberikan pandangan kepekaan Mahasiswa dalam
lingkungan budaya lingkungan budaya, sehingga ia mampu beradaptasi secara cepat
di lingkungan yang baru terutama untuk kepentingan dan profesi mereka.
·
Mengusahakan wahana komunikasi untuk para
akademisi agar mekeka mudah untuk berdialog satu sama lain. Dan memiliki sebuah
bekal untuk para akademisi diharpkan lebih lancar dalam berkomunikasi
·
Lebih peka dan terbuka serta memiliki rasa
tanggung jawab dalam mengatasi masalah-masalah di dalam kemanusiaan dan juga
budaya.
·
Memiliki latar belakang kebudayaan yang cukup
luas tentang kebudayaan Indonesia.
·
Mengembangkan daya kritis terhadap persoalan
kemanusiaan dan daya kebudayaan.
·
Menambah kemampuan mahasiswa untuk menanggapi
masalah nilai-nilai budaya dalam masyarakat Indonesia dan Dunia tanpa terikat
oleh disiplin mereka.
·
Mengusahakan kepekaan terhadap nilai – nilai
lain untuk lebih mudah menyesuaikan diri .
·
Mendukung dan mengembangkan kebudayaan
sendiri dengan kreatif.
·
Menyadarkan mahasiswa terhadap nilai-nilai
yang hidup dalam masyarakat, hormat menghormati serta simpati pada nilai-nilai
yang hidup pada masyarakat.
·
Menimbulkan minat untuk mendalaminya.
·
Tidak terjerumus kepada sifat kedaerahan dan
pengotakan disiplin ilmu.
·
Terjalin Interrelasi antara cendekiawan yang
berbeda keahlian agar lebih positif dan komunikatif.
·
Mempunyai persamaan bahan pembicaraan, tempat
berpijak mengenai masalah kemanusiaan dan kebudayaan.
·
Menjembatani para sarjana yang berbeda
keahliannya dalam bertugas menghadapi masalah kemanusiaan dan budaya.
·
Memperlancar pelaksanaan pembangunan dalam
berbagai bidang yang di tangani oleh berbagai cendekiawan yang berlatar
belakang pendidikan berbeda.
·
Agar mampu memenuhi tuntutan Tri Darma
Perguruan Tinggi, khususnya Darma Pendidikan.
·
Agar dapat memenuhi tuntutan masyarakat yang
sedang membangun
·
Agar dapat memenuhi persyaratan sebagai
masyarakat yang pintar dan cerdas dikalangan negaranya.
Opini:
menurut saya dengan di bangunnya sebuah tujuan seperti diatas mahasiswa mampu
untuk mengembangkan dirinya sendiri dalam segala hal yang berhubungan dengan
wahana komunikasi,pandangan kepekaan,motivasi mahasiswa,kesempatan mahasiswa
1.4
Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar
-
Menyebutkan 2 masalah pokok dalam ilmu budaya
dasar :
1. Beberapa
aspek kehidupan merupakan ungkapan masalah kemanusian dana kebudayaan yang
dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya, maupun secara gabung
berbagai upaya kedisplinan
2. Hakekat
manusia yang universal, akan tetapi yang beraneka ragam adalah perwujudannya
dalam kebudayaan masing masing jaman. Dalam melihat dan dihadapi lingkungan
alam,sosial dan budaya, manusia tidak mewujudkan kesamaan tetapi juga ketidak
seragaman yang diungkapkan secara tidak seragam sebagaimana terlihat
ekspresinya dalam berbagai bentuk dan corak.
Opini :
menurut saya 2 masalah pokok ilmu budaya dasar itu perbedaan jaman ke jaman
yang lain berubahnya dalam bentuk kebudayaan, perkembangan budaya, pengetahuan
budaya.
-
Menyebutkan 8 pokok bahasan IBD dengan benar
·
Manusia Dan Cinta Kasih
·
Manusia Dan Keindahan
·
Manusia Dan Penderitaan
·
Manusia Dan Keadilan
·
Manusia Dan Pandangan Hidup
·
Manusia Dan Tanggung Jawab Dan Pengabdi
·
Manusia Dan Kegelisahan
·
Manusia Dan Harapan
Opini :
menurut saya 8 pokok IBD yang benar adalah bahasan suatu kehidupan yang nyata
di alam semesta ini seperti cinta kasih kita kepada Tuhan YME, keindahan yang
ada di muka bumi ini, penderitaan yang biasanya sedang di beri cobaan pada
Tuhan,dll
Sumber
:
Buku
Ilmu Budaya Dasar Penerbit : Widyo Nugroho
2.1 Manusia
-
Menjelaskan unsur unsur yang membangun manusia
Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang
paling sempurna , karena manusia memiliki akal budi dan perasaan. Di dalam
kehidupan manusia mempunyai unsur – unsur yang membangunnya,unsur – unsur
tersebut adalah :
1. Jasad
yaitu Tubuh manusia yang dapat dipegang dan menempati ruang dan waktu.
2. Hayat
yaitu mengandung unsur hidup yang ditandai dengan gerak .
3. Ruh
yaitu unsur ketiga yang membentuk kehidupan manusia , atau bisa disebut juga
nyawa. Nafs yaitu pengertian diri atau kesadaran pada diri sendiri.
4. Nilai
5. Pandangan
Hidup
6. Kepercayaan
Opini :
menurut saya unsur yang ada pada diatas
merupakan unsur yang bagus unsur nilai artinya unsur yang memiliki atau yang di
cita citakan pada setiap kebutuhan (keinginan) manusia itu, unsur pandangan
hidup artinya: dapat dianut pada sebuah kelompok atau bangsa yang memiliki
pandangan hidup yang baik, unsur kepercayaan artinya unsur yang mempunyai
naluri pada hidupnya .
2.2 Hakekat Manusia
-
Menjelaskan Hakekat Manusia: manusia adalah makhluk
tuhan seorang khalifah diutus untuk memakmurkan bumi, makhluk sosial yang
selalu bergantung kepada manusia yang lain berikut adalah salah satu contoh
1. Makhluk
Ciptaan Tuhan yang terdiri dari tubuh dan jiwa sebagai satu kesatuan yang utuh.
2. Makhluk
Ciptaan Tuhan yang paling sempurna karena dilengkapi dengan akal,kehendak dan
perasaan.
3. Makhluk
Biokultural yaitu makhluk hayati dan budayawi.
4. Makhluk
Ekologi (terkait dengan lingkungan) yaitu manusia yang mempunyai sifat alamiah
dan tunduk pada hukum alamiah juga.
Opini :
menurut saya dengan diadakan hakekat manusia manusia lebih bisa bersosialisasi
yang sangat ketergantungan dengan adanya makhluk atua manusia lain.
-
Membedakan Manusia Dengan Makhluk lain:
Manusia adalah makhluk hidup ciptaan Tuhan
yang paling sempurna karena Manusia tidak seperti makhluk lainnya. Manusia
memliki akal budi , kehendak dan perasaan. Dengan akal budi manusia dapat
menciptakan hal yang baru,seperti teknologi dan ilmu pengetahuan. Dengan adanya
kehendak , manusia mampu menentukan keputusan terbaik didalam hidupnya , dan
dengan adanya perasaan manusia mampu menciptakan seni seperti musik, sastra dan
puisi. Sedangkan makhluk lain tidak mempunyai hal-hal yang dimiliki oleh
manusia. Dan yang membedakan adalah kalau manusia hidupnya ketergantungan sama
orang lain kalau makhluk lain ketergantungan dengan manusia.
Opini :
menurut saya sesama makhluk sama sama ketergantungan
2.3 Kepribadian Bangsa Timur
-
Menjelaskan tentang kepribadian bangsa timur:
suatu sikap yang dimiliki suatu negara yang berhubungan dengan penyesuaian diri
terhadap lingkungan. Kepribadian bangsa timur adalah salah satu seseorang yang
mempunyai sifat ramah,bersahabat,tidak individualis dan suka menolong antar
sesama bangsa timur maupun timur, sekarang banyak sekali negara asing yang
mulai memasuki kedalam bangsa (kita) bangsa timur. Terutama hiburan misal
music,tarian,film yang mungkin kurang sesuai dengan yang ada di istiadat bangsa
timur itu sendiri
Opini:
mempelajari bangsa timur dengan masuknya hiburan ke bangsa timur itu bagus
karena bisa memotivasi bangsa timur unutk selalu berinovasi untuk maju terus.
-
Menujukan bagan
psiko-sosiogram manusia : Pada hakikatnya manusia dan kebudayaan
adalah sesuatu ikatan yang tidak mungkin bisa dipisahkan dalam kehidupan kita.
Manusia diciptakan oleh Tuhan secara sempurna untuk menjalankan hakekatnya
sebagai manusia bumi.selain itu manusia harus selalu mengingat tuhannya dan
selalu beribadah kepadanya. Setiap manusia pasti akan mempunyai budaya untuk
selalu diteruskan yang telah ada dari jaman nenek moyang. Hal itu akan
berlanjut terus – menerus seiring jalannya waktu.
Pada kesempatan ini, kita akan membahas sub bab ke tiga yaitu tentang Bagan Psiko-Sosiogram Manusia.
Pada kesempatan ini, kita akan membahas sub bab ke tiga yaitu tentang Bagan Psiko-Sosiogram Manusia.
-
Berikut ini merupakan
contoh dari bagan Psiko-Sosiogram manusia:
ü Nomor 1 disebut lingkaran hubungan jauh,
yang berarti pikiran dan gagasan manusia tentang berbagai macam hal
ü Nomor 2 disebut lingkaran hubungan berguna.
Bisa dianalogikan hubungan antara murid dengan guru, pedagang dan pembeli. Pada
daerah ini semua hubungan yang ada sudah sering kita lihat berbagai contohnya
dalam kehidupan sehari-hari.
ü Nomor 3 disebut lingkaran hubungan karib.
Di sini manusia memiliki seseorang atau sesuatu yang dianggap bisa menjadi
curahan hati dan tempat untuk meminta bantuan.
ü Nomor 4 disebut daerah kesadaran yang
dinyatakan. kebalikan dari nomor 5, ini berarti manusia mengungkapkan
kepada orang lain apa yang ada di pikirannya seperti perasaan, pengetahuan dan
sebagainya.
ü Nomor 5 disebut daerah kesadaran yang tidak
dinyatakan. Maksudnya pikiran – pikiran dan gagasan yang ada disimpan
sendiri oleh manusia tersebut dan tidak ada seorang lain pun yang dapat
mengetahuinya.
ü Nomor 6 dan 7 disebut sebagai daerah tak sadar dan sub
sadar.
Disebut sebagai daerah tak sadar karena memang sudah tertanam jauh di dalam diri manusia dan tak mampu disadari bahkan oleh manusia itu sendiri.
Disebut sebagai daerah tak sadar karena memang sudah tertanam jauh di dalam diri manusia dan tak mampu disadari bahkan oleh manusia itu sendiri.
Opini: bagan psiko-sosiogram manusia menunjukkan suatu
hubungan yang bersifat akrab misalnya murid dengan guru maupun sebaliknya.
2.4 Pengertian Kebudayaan
-
Mendefinisikan Kebudayaan: merupakan kebudayaan yang kompleks,
yang didalamnya terkandung pengetahuan,
kepercayaan,kesenian,moral,hukum,adatistiadat dan kemampuan kemampuan lain yang
didapat oleh seseorang sebagai anggota masyarakat > Edward B. Taylor
Kebudayaaan = cultuur
(bahasa belanda) = culture (bahasa inggris)= tsaqafah (bahasa arab) yang
berasal dari bahasa latin “colere” yang artinya mengolah , mengerjakan , menyuburkan dan mengembangkan ,
terutama mengolah tanah atau bertani. Dari segi arti ini berkembanglah arti
culture sebagai “segala daya dan aktivitas manusia untuk mengolah dan mengubah
alam.
Ditinjau dari sudut bahasa
Indonesia , kebudayaan berasal dari bahasa sansekerta “buddhayah” yaitu bentuk
jamak dari buddhi yang berarti budi atau akal.
Kebudayaan adalah hasil buah
budi manusia untuk mencapai kesempurnaan hidup.
Opini: pengertian
kebudayaan yang bersifat kepercayaan atau hiburan yang bisa dilihat dengan mata
-
Menyebutkan
tokoh tokoh kebudayaan:
Tokoh – Tokoh Kebudayaan di Indonesia dan
di seluruh negara sangatlah
banyak ,seperti Melville
J. Herkovits dan Bronislaw Malinowski, E.B.Tylor ,
Selo Sumarjan
& Soelaeman Soemardi, Sutan Takdir
Alisyahbana,Koentjaraningrat, A.L Krober & C.Kluckhon, C.A.Van Peursen.
akan
tetapi pada bab ini saya akan memaparkan beberapa tokoh budaya.
yang ada di Indonesia. Antara lain :
1.
Prof. Dr. Kuntowijoyo
Banyak Gelar yang di berikan
kepada beliau , seorang sejarawan akademis yang telaten dan berkarya. Seorang
penulis produktif. Sastrawan yang mahir dan pandai berkata-kata. Seorang guru
besar emeritus Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada dan banyak lagi
gelar yang bisa disematkan padanya.
2.
Affandi
Koesoema
(Cirebon, Jawa Barat, 1907 - 23 Mei 1990) adalah seorang pelukis yang dikenal sebagai
Maestro Seni Lukis Indonesia, mungkin pelukis
Indonesia yang paling terkenal di dunia internasional, berkat gaya ekspresionisnya dan romantisme yang
khas. Pada tahun 1950-an ia banyak mengadakan pameran tunggal di India, Inggris, Eropa, dan Amerika Serikat. Pelukis
yang produktif, Affandi telah melukis lebih dari dua ribu lukisan.
Opini: tokoh tokoh diatas adalah salah satu tokoh yang mempunyai
semangat tinggi untuk karirnya
a.
Unsur unsur kebudayaan
-
Menyebutkan 7 unsur kebudayaan universal:
v Sistem kepercayaan (sistem religi)
v Sistem pengetahuan
v Peralatan dan perlengkapan hidup manusia
v Mata pencaharian dan sistem sistem ekonomi
v Sistem kemasyarakatan
v Bahasa
v Kesenian
Opini: menurut saya 7 unsur kebudayaan universal itu adalah yang
harus dimiliki setiap atau semua orang karena dari point point tersebut kita
semua dapat belajar untuk menjadi orang yang berbudaya yang memiliki sopan
santun di dalam perbuatan yang ada dalam diri kita.
-
Membedakan kebudayaan dalam 2 bentuk wujud
Menurut J.J. Hoenigman, wujud kebudayaan dibedakan menjadi 2 gagasan,
aktivitas
§
Gagasan (Wujud ideal)
Wujud ideal kebudayaan adalah kebudayaan yang terbentuk kumpulan ide-ide, gagasan,seperti nilai-nilai, norma-norma, peraturan, dan sebagainya yang sifatnya abstrak; tidak dapat diraba atau disentuh. Wujud kebudayaan ini terletak dalam kepala-kepala atau di alam pemikiran warga masyarakat. Jika masyarakat tersebut menyatakan gagasan mereka itu dalam bentuk tulisan, maka lokasi dari kebudayaan ideal itu berada dalam karangan dan buku-buku hasil karya para penulis warga masyarakat tersebut.
Wujud ideal kebudayaan adalah kebudayaan yang terbentuk kumpulan ide-ide, gagasan,seperti nilai-nilai, norma-norma, peraturan, dan sebagainya yang sifatnya abstrak; tidak dapat diraba atau disentuh. Wujud kebudayaan ini terletak dalam kepala-kepala atau di alam pemikiran warga masyarakat. Jika masyarakat tersebut menyatakan gagasan mereka itu dalam bentuk tulisan, maka lokasi dari kebudayaan ideal itu berada dalam karangan dan buku-buku hasil karya para penulis warga masyarakat tersebut.
- Aktivitas
(tindakan)
Aktivitas adalah wujud kebudayaan sebagai suatu tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat itu. Wujud ini sering pula disebut dengan sistem sosial. Sistem sosial ini terdiri dari aktivitas-aktivitas manusia yang saling berinteraksi, mengadakan kontak, serta bergaul dengan manusia lainnya menurut pola-pola tertentu yang berdasarkan adat tata kelakuan. Sifatnya konkret, terjadi dalam kehidupan sehari-hari, dan dapat diamati dan didokumentasikan.
Opini :
menurut saya gagasan dan aktivitas berawal dari ide ide yang masuk dan
dikembangkan menjadi sebuah gagasan yang sifatnya ideal kalau aktivitas
biasanya yang dilakukan pada sehari hari nya yang berpola dari masyarakat yang
sering melakukan interaksi antara masyarakat lainnya. Serta mengarang sebuah
buku dll
b.
Wujud
kebudayaan
- Menyebutkan 3 wujud kebudayaan menurut dimensi wujudnya:
ü Gagasan (Wujud ideal)
Wujud ideal kebudayaan adalah kebudayaan yang membentuk suatu kumpulan ide-ide, gagasan, nilai, norma, peraturan, dan sebagainya yang bersifat abstrak; tidak dapat diraba atau disentuh. Wujud kebudayaan ini terletak dalam benak suatu masyarakat yang telah menempel di dalam otaknya atau di alam pemikiran warga masyarakat. Jika masyarakat menyatakan sebuah gagasan mereka itu kedalam bentuk tulisan, maka lokasi dari kebudayaan ideal itu berada dalam karangan dan buku-buku yang telah menghasilkan sebuah karya para penulis warga masyarakat tersebut.
Wujud ideal kebudayaan adalah kebudayaan yang membentuk suatu kumpulan ide-ide, gagasan, nilai, norma, peraturan, dan sebagainya yang bersifat abstrak; tidak dapat diraba atau disentuh. Wujud kebudayaan ini terletak dalam benak suatu masyarakat yang telah menempel di dalam otaknya atau di alam pemikiran warga masyarakat. Jika masyarakat menyatakan sebuah gagasan mereka itu kedalam bentuk tulisan, maka lokasi dari kebudayaan ideal itu berada dalam karangan dan buku-buku yang telah menghasilkan sebuah karya para penulis warga masyarakat tersebut.
ü
Aktivitas
(tindakan)
Aktivitas adalah wujud kebudayaan sebagai suatu tindakan yang berpola dari manusia dalam masyarakat itu. Wujud ini sering pula disebut dengan sistem sosial. Sistem sosial ini terdiri dari aktivitas-aktivitas manusia yang saling berinteraksi, mengadakan suatu kontak, serta bergaulnya dengan manusia yang lainnya menurut pola-pola tertentu yang berdasarkan adat tata kelakuan. Yang sifatnya konkret, terjadi dalam kehidupan sehari-hari, dan dapat diamati dan didokumentasikan.
Aktivitas adalah wujud kebudayaan sebagai suatu tindakan yang berpola dari manusia dalam masyarakat itu. Wujud ini sering pula disebut dengan sistem sosial. Sistem sosial ini terdiri dari aktivitas-aktivitas manusia yang saling berinteraksi, mengadakan suatu kontak, serta bergaulnya dengan manusia yang lainnya menurut pola-pola tertentu yang berdasarkan adat tata kelakuan. Yang sifatnya konkret, terjadi dalam kehidupan sehari-hari, dan dapat diamati dan didokumentasikan.
ü
Artefak
(karya)
Artefak adalah wujud kebudayaan fisik yang merupakan hasil dari aktivitas, perbuatan, dan karya semua yang bertentang dengan manusia dalam masyarakat berupa benda-benda atau hal-hal yang dapat diraba, dilihat, dan didokumentasikan seperti lukisan,foto,uang,dll. Sifatnya paling konkret diantara ketiga wujud kebudayaan. Dalam kenyataan kehidupan bermasyarakat, antara wujud kebudayaan yang satu tidak bisa dipisahkan dari wujud kebudayaan yang lain. Sebagai contoh: wujud kebudayaan ideal mengatur dan memberi arah kepada tindakan (aktivitas) dan karya (artefak) manusia.
Artefak adalah wujud kebudayaan fisik yang merupakan hasil dari aktivitas, perbuatan, dan karya semua yang bertentang dengan manusia dalam masyarakat berupa benda-benda atau hal-hal yang dapat diraba, dilihat, dan didokumentasikan seperti lukisan,foto,uang,dll. Sifatnya paling konkret diantara ketiga wujud kebudayaan. Dalam kenyataan kehidupan bermasyarakat, antara wujud kebudayaan yang satu tidak bisa dipisahkan dari wujud kebudayaan yang lain. Sebagai contoh: wujud kebudayaan ideal mengatur dan memberi arah kepada tindakan (aktivitas) dan karya (artefak) manusia.
Opini: menurut saya 3 aspek diatas salah satu dari yang sifatnya berhubungan dengan kebudayaan tetapi
kebudayaan yang sifatnya tidak sama satu sama lain seperti gagasan yang
berkebudayaan membentuk suatu ide,norma,peraturan, yang mempunyai sifat yang
abstrak
(sumber : wikipedia)
c.
orientasi nilai budaya
-
mahasiswa dapat mengggunakan 5 masalah pokok
kehidupan manusia dalam sistem nilai budaya
1.
Sistem kemasyarakatan atau organisasi sosial yang meliputi:
o
kekerabatan
o
asosiasi dan perkumpulan
o
sistem kenegaraan
o
sistem kesatuan hidup
o
perkumpulan
2. Sistem pengetahuan
meliputi pengetahuan tentang:
o flora dan fauna:
berhubungan dengan alam dan hewan
o waktu, ruang dan
bilangan berhubungan dengan kehidupan
o tubuh manusia dan
perilaku antar sesama manusia berhubungan dengan suatu interaksi
3. Bahasa yaitu alat untuk
berkomunikasi berbentuk:
o Lisan yaitu pemikiran
sendiri yang dikembangkan
o Tulisan yaitu menuangkan
kata kata yang sudah ada
4. Kesenian yang meliputi:
o seni patung/pahat
o relief
o lukis dan gambar
o rias
o vokal
o musik
o bangunan
o kesusastraan
o drama
5. Sistem mata pencaharian
hidup atau sistem ekonomi yang meliputi:
o berburu dan mengumpulkan
makanan
o bercocok tanam
o peternakan
o perikanan
o perdagangan
Opini: menurut saya 5 pokok kehidupan manusia
dalam sistem nilai budaya yang paling utama sistem mata pencaharian karena mata
pencaharian yang dialami di negara ini belum semua yang dapat hidup
enak,nyaman,tentram,dll
Contoh
kasus: setiap manusia membutuhkan seni untuk menghilangkan
stress,penat,letih,emosi,sedih,dll 5
pokoknya adalah yang paling utama sistem mata
pencaharian karena mata pencaharian yang dialami di negara ini belum semua yang
dapat hidup enak,nyaman,tentram,dll
d.
Perubahan kebudayaan
-
Mahasiswa dapat menyebutkan faktor faktor yang mempengaruhi diterima atau
tidaknya suatu unsur kebudayaan baru:
Berikut
ini merupakan faktor yang mempengaruhi diterima atau tidaknya suatu unsur
kebudayaan :
1. Terbiasanya masyarakat tersebut mempunyai hubungan/kontak
kebudayaan
dengan orang-orang yang berasal dari luar masyarakat tersebut, yang mempunyai
kebudayaan yang berbeda. Sebuah masyarakat yang terbuka bagi hubungan-hubungan
dengan orang yang beraneka ragam kebudayaannya, cenderung menghasilkan warga
masyarakat yang bersikap terbuka terhadap unsur-unsur kebudayaan asing. Sikap
mudah menerima kebudayaan asing lebih nampak menonjol dari sebelumnya kalau
masyarakat tersebut menekankan pada ide bahwa kemajuan dapat dicapai dengan
adanya sesuatu yang baru yang lebih fantastik yang mempunyai inovasi yang
menarik yang muncul dalam diri untuk lebih mudah, yaitu baik yang datang dan
berasal dari dalam masyarakat itu sendiri, maupun yang berasal dari kebudayaan
yang datang dari luar
2. Kalau pandangan hidup dan nilai-nilai yang dominan dalam
kebudayaan
tersebut ditentukan oleh nilai yang bersumber pada ajaran agama; dan ajaran ini
terjalin erat dalam keseluruhan pranata yang masuk kedalam kehidupan masyarakat
tersebut; maka penerimaan unsur kebudayaan yang baru atau asing selalu mengalami
kelambatan karena harus di sensor dulu oleh berbagai ukuran yang berlandaskan
pada ajaran agama yang berlaku. Dengan demikian, suatu unsur kebudayaan baru
akan dapat diterima jika unsur kebudayaan yang baru tersebut tidak bertentangan
dengan ajaran agama yang berlaku, dan karena tidak akan merusak pranata-pranata
yang sudah ada.
3. Corak struktur sosial suatu
masyarakat turut menentukan proses penerimaan unsur kebudayaan baru. Suatu
struktur sosial yang didasarkan atas sistem otoriter akan sukar untuk dapat menerima
suatu unsur kebudayaan baru, kecuali kalau unsur kebudayaan baru itu, secara
langsung atau tidak langsung dirasakan oleh rezim yang berkuasa sebagai sesuatu
yang menguntungkan mereka.
Opini: dengan dibangunnya faktor
yang mempengaruhi diterimanya atau tidaknya suatu unsur kebudayaan baru dapat
dilihat dari proses terpengaruhnya suatu kebudayaan itu sendiri contohnya
seperti seni yang ada pada tarian korea (gangnam style)
Contoh
kasus: perubahan budaya dapat dilihat dari tahun ke tahun di era 70an budayanya
masih sangan jadul dilihat dari tahun mendatang tetapi diera 70an yang tetap
harus dijaga adalah sopan santun yang ada harus tetap dikembangkan.
-
Mahasiswa dapat menyebutkan
penyebab terjadinya gerak/ perubahan kebudayaan
·
Sebab-Sebab yang Berasal
dari Dalam Masyarakat (Sebab Intern)
Berikut
ini sebab-sebab perubahan sosial yang bersumber dari dalam masyarakat (sebab
intern):
1) Dinamika penduduk
2) Adanya penemuan-penemuan
baru yang berkembang di masyarakat
3) Munculnya berbagai bentuk
pertentangan (conflict) dalam masyarakat
4) Terjadinya pemberontakan
atau revolusi
·
Sebab-Sebab yang Berasal dari Luar Masyarakat (Sebab Ekstern)
Berikut
ini sebab-sebab yang berasal dari luar masyarakat (Sebab Ekstern):
1)
Adanya pengaruh bencana alam
2)
Adanya peperangan
3) Adanya pengaruh kebudayaan masyarakat lain
Opini: adanya pergerakan dari
luar maupun dalam negeri yang sifatnya sama sama ingin membangun negara supaya
tidak ada lagi bencana.
e.
Kaitan Manusia dan
Kebudayaan
-
Mahasiswa dapat menjelaskan
hubungan antara manusia dan kebudayaan
Secara sederhana hubungan antara manusia dan
kebudayaan adalah : manusia sebagai perilaku kebudayaan, dan kebudayaan
merupakan obyek yang dilaksanakan manusia
-
Mahasiswa dapat memberikan contoh tentang hubungan antara
manusia dengan kebudayaan
Contoh hubungan manusia dengan kebudayaan:
1) Kebudayaan-kebudayaan khusus atas dasar
faktor kedaerahan
Contoh: Adat-istiadat melamar di Lampung dan Minangkabau. Di Minangkabau biasanya pihak permpuan yang melamar sedangkan di Lampung, pihak laki-laki yang melamar.
2) Cara hidup di kota dan di desa yang berbeda ( urban dan rural ways of life )
Contoh: Perbedaan anak yang dibesarkan di kota dengan seorang anak yang dibesarkan di desa. Anak kota bersikap lebih terbuka dan berani untuk menonjolkan diri di antara teman-temannya sedangkan seorang anak desa lebih mempunyai sikap percaya pada diri sendiri dan sikap menilai ( sense of value )
3) Kebudayaan-kebudayaan khusus kelas sosial
Di masyarakat dapat dijumpai lapisan sosial yang kita kenal, ada lapisan sosial tinggi, rendah dan menengah. Misalnya cara berpakaian, etiket, pergaulan, bahasa sehari-hari dan cara mengisi waktu senggang. Masing-masing kelas mempunyai kebudayaan yang tidak sama, menghasilkan kepribadian yang tersendiri pula pada setiap individu.
Contoh: Adat-istiadat melamar di Lampung dan Minangkabau. Di Minangkabau biasanya pihak permpuan yang melamar sedangkan di Lampung, pihak laki-laki yang melamar.
2) Cara hidup di kota dan di desa yang berbeda ( urban dan rural ways of life )
Contoh: Perbedaan anak yang dibesarkan di kota dengan seorang anak yang dibesarkan di desa. Anak kota bersikap lebih terbuka dan berani untuk menonjolkan diri di antara teman-temannya sedangkan seorang anak desa lebih mempunyai sikap percaya pada diri sendiri dan sikap menilai ( sense of value )
3) Kebudayaan-kebudayaan khusus kelas sosial
Di masyarakat dapat dijumpai lapisan sosial yang kita kenal, ada lapisan sosial tinggi, rendah dan menengah. Misalnya cara berpakaian, etiket, pergaulan, bahasa sehari-hari dan cara mengisi waktu senggang. Masing-masing kelas mempunyai kebudayaan yang tidak sama, menghasilkan kepribadian yang tersendiri pula pada setiap individu.
4) Kebudayaan khusus atas dasar agama
Adanya berbagai masalah di dalam satu agama pun melahirkan kepribadian yang berbeda-beda di kalangan umatnya.
5) Kebudayaan berdasarkan profesi
Misalnya: kepribadian seorang dokter berbeda dengan kepribadian seorang pengacara dan itu semua berpengaruh pada suasana kekeluargaan dan cara mereka bergaul. Contoh lain seorang militer mempunyai kepribadian yang sangat erat hubungan dengan tugas-tugasnya. Keluarganya juga sudah biasa berpindah tempat tinggal.
Adanya berbagai masalah di dalam satu agama pun melahirkan kepribadian yang berbeda-beda di kalangan umatnya.
5) Kebudayaan berdasarkan profesi
Misalnya: kepribadian seorang dokter berbeda dengan kepribadian seorang pengacara dan itu semua berpengaruh pada suasana kekeluargaan dan cara mereka bergaul. Contoh lain seorang militer mempunyai kepribadian yang sangat erat hubungan dengan tugas-tugasnya. Keluarganya juga sudah biasa berpindah tempat tinggal.
-
Mahasiswa dapat menjelaskan
pengertian dialektis:
·
hal berbahasa dan bernalar dng
dialog sbg cara untuk menyelidiki suatu masalah
·
ajaran Hegel yg menyatakan bahwa
segala sesuatu yg terdapat di alam semesta itu terjadi dr hasil pertentangan
antara dua hal dan yg menimbulkan hal lain lagi
-
Mahasiswa dapat menyebutkan
3 tahap dalam proses dialektis
Ø Eksternalisasi yaitu proses dimana manusia menekspresikan
dirinya dengan membangun dunianya
Ø Obyektivitasi yaitu proses dimana masyarakat menjadi
realitas obyektif
Ø Internalisasi yaitu proses dimana masyarakat disergap
kembali oleh manusia
Opini : menurut saya diantara 4
aspek ini adalah untuk membangun karakter mahasiswa agar menjadi yang lebih
baik lagi dari sebelumnya dan mengetahui apa yang sudah ada tetapi mahasiswa
belum mengetahuinya.
3.1 Pendekatan
Kesusastraan
-
Menjelaskan pengertian sastra dan
seni serta peranannya :
Sastra berasal dari kata castra yang
berarti tulisan. Dari makna asalnya dulu, sastra meliputi segala bentuk dan
macam tulisan yang di tulis oleh manusia, seperti catatan ilmu pengetahuan,
kitab-kitab suci,surat undang-undang dan sebagainya.Sastra dalam arti khusus yang kita gunakan dalam konteks kebudayaan,
adalah ekspresi gagasan danperasaan manusia. Jadi, pengertian sastra
sebagai hasil budaya dapat diartikan sebagai bentuk upayamanusia untuk mengungkapkan gagasannya
melalui bahasa yang lahir dari perasaan danpemikiran. Secara morfologis,
kesusastraan di bentuk dari dua kata, yaitu su dan sastradengan mendapat imbuhan
ke- dan an peranannya adalah sebagai imbuhan yang mempunyai gagasan utama yang
ada dalam kesastraan, Seni sastra adalah proses kreatif menciptakan karya seni
dengan bahasa yang baik seperti puisi,cerpen/novel, atau drama.7.
-
Menjelaskan hubungan sastra dan seni
dengan ilmu budaya dasar
Karya sastra dasar adalah sebagai
alat komunikasi antara sastrawan dan masyarakatpembacanya. Karya sastra selalu
berisi pemikiran, gagasan, kisahan, dan amanat yang dikomunikasikan kepada
pembaca. Untuk menagkap ini, pembaca harusmampu mengapresiasikannya.Pengetahuan
tentang pengertian sastra belum lengkap bila belum tahu manfaatnya.
Horatiusmengatakan bahwa manfaat sastra itu berguna dan menyenangkan. Secara
lebih jelas
Opini: yang 1 dan ke 2 sama sama
untuk membikin suatu kreatifitas secara real.
3.2
IBD yang dihubungkan dengan prosa
-
Menjelaskan pengertian prosa
Prosa lama
adalah prosa yang ceritanya bersifat hayalan yang mempunyai imajinasi yang
membuat cerita itu lebih menarik
Contohnya:
·
Dongeng
·
Hikayat
·
Sejarah
·
Epos
Prosa baru adalah prosa yang sifatnya bisa dari pengalaman sendiri
(kisah) yang dapat dituangkan kedalam suatu cerita atau data pribadi yang di
buat dalam suatu karangan perceritaan
Contohnya:
·
Cerita pendek
·
Roman/novel
·
Biografi
·
Kisah
Opini: menurut saya prosa adalah
suatu hal yang memiliki imajinasi untuk suatu karangan yang dapat dipelajari
oleh mahasiswa (pelajar) lainnya untuk menambah wawasan dalam suatu bahasa yang
baik,sopan dan benar.
3.3
nilai nilai dalam prosa fiksi
-
pengertian
prosa fiksi
Prosa
Fiksi adalah suatu karangan yang tidak terikat dengan kaidah di dalam puisi.
-
Nilai nilai dalam prosa fiksi
·
Prosa Fiksi memberikan kesenangan
·
Prosa Fiksi memberikan Informasi
·
Prosa Fiksi memberikan warisan cultural
·
Prosa memberikan keseimbangan wawasan
-
2 karya sastra
Karya
Sastra dibedakan menjadi 2 ,yaitu :
1.
Karya sastra yang menyuarakan aspirasi
zamannya mengajak pembaca untuk mengikuti apa yang dikehendaki zamannya.
2.
Karya
Sastra yang menyuarakan gejolak zamannya,tidak mengajak pembaca melakukan
sesuatu tetapi untuk merenung.
-
Menuliskan 1 contoh prosa
Legenda
Batu Menangis
Di sebuah bukit yang jauh
dari desa, di daerah Kalimantan, hiduplah seorang janda miskin dan anak
perempuannnya. Anak gadis janda itu sangat cantik jelita. Namun sayang, dia
memiliki perangai yang buruk. Gadis itu amat malas, tidak pernah membantu
ibunya bekerja. Kerjanya hanya bersolek setiap hari.
Suatu hari, anak gadis itu
diajak ibunya turun ke desa untuk berbelanja. Letak pasar desa itu amat jauh
sehingga mereka harus menempuh perjalanan yang jauh. Anak gadis itu berjalan
melenggang dengan dengan memakai pakaian yang bagus dan bersolek agar
dikagumi kecantiknnya. Sementara, ibunya berjalan di belakangnya sambil membawa
keranjang dengan memakai pakaian yang dekil. Karena mereka hidup ditempat yang
terpencil, maka tak seorang pun tahu bahwa kedua perempuan yang berjalan itu
adalah ibu dan anak.
Ketika mulai memasuki desa,
orang-orang desa memandangi mereka. Orang – orang terpesona melihat kecantikan
anak gadis itu, terutama pemuda desa. Namun, saat melihat orang yang berjalan
di belakang anak itu, sungguh kontras keadaannya. Hal ini membuat orang
bertanya-tanya.
Diantara orang yag melihat
itu, seorang pemuda mendekati dan bertanya kepada gadis itu.
” Hai, gadis cantik. Apakah
yang berjalan di belakangmu itu ibumu?”
Namun apa jawaban gadis itu?
“Bukan, “katanya angkuh.” Ia adalah pembantuku.”
Kedua ibu dan anak itu
kemudian meneruskan perjalanan. Tak seberapa
jauh, mendekat lagi seorang
pemudadan bertanya kepada gadis itu.
”Bukan, bukan.”jawab gadis
itu dengan mendongakkan kepalanya. ” Ia
adalah budakku.”
Begitulah setiap ada
seseorang yang menanyakan perihal ibunya, selalu
jawabannya begitu. Pada
mulanya mendengar jawaban putrinya yang
durhaka itu, si ibu masih
bisa menahan diri. Namun setelah berulang kali
didengarnya jawaban yang
sama, akhirnya si ibu yang malang itu tidak
dapat menahan diri. Si ibu berdoa :
”Ya Tuhan, hamba tak kuat
menahan hinaan ini. Anak kandung hamba tega
memperlakukan hamba seperti
ini. Ya Tuhan, hukumlah anak hamba!
Hukumlah ....”
Atas kuasa Tuhan,
perlahan-lahan tubuh gadis durhaka itu berubah
menjadi batu. Perubahan itu
dimulai dari kaki. Ketika perubahan itu telah
mencapai setengah badan,
anak gadis itu menangis dan memohon ampun
kepada ibunya.
”Oh, Ibu.Ibu Ampuni saya,
ampunilah kedurhakaan anakamu selama ini.
Ibu...Ibu...Ampuni anakmu.”
Anak gadis itu terus meratap
dan menangis memohon kepada ibunya. Akan
tetapi semua telah terlambat. Seluruh tubuh gadis itu
akhirnya berubah
menjadi batu. Sekalipun
menjadi batu, namun orang dapat melihat bahwa
kedua matanya masih
menitikkan air mata., seperti sedang menagis.
Sumber : Kumpulan
Cerita Rakyat Nusantara: Pustaka Agung Harapan
3.4 IBD yang dihubungkan dengan puisi
·
Puisi
Puisi adalah bentuk ekspresi
atau ungkapan jiwa secara tidak langsung yang di tuangkan dalam bentuk bait-
bait puisi.
Contoh puisi
MAMA
Dibalik senyuman manismu
Adanya kepahitan yang kau rasakan
Tawa yang menutupi sedihmu
Bahagia dibalik air mata yang tercurah
Mama maafkan aku
Maafkan semua kesalahanku
Yang telah menyakiti hati dan perasaanmu
Yang telah mengecewakanmu dan menyusahkanmu
Oh mama...
Aku kan berusaha menjadi apa yang kau minta
Kasih dan sayangmu sangatlah tulus
Kau takkan tergantikan dihatiku
Oh mama...
Ketahuilah hingga maut datang
Keselalu ada dilubuk hatiku
Yang sayang padamu
-
Kreativitas penyair dalam membangun puisinya
o
Figura Bahasa (Figurative Languange) seperti
gaya personifikasi, metafora , hiperbola,perbandingan , alegori, sehingga puisi
menjadi segar, hidup, menarik dan memberikan gambaran suatu angan- angan.
o
Kata- kata yang ambiquitas yaitu kata- kata
yang bermakna ganda / tafsir.
o
Kata – kata yang berjiwa yaitu kata – kata
yang sudah di beri suasana tertentu, berisi pengalaman dan perasaan jiwa
penyair.
o
Kata- kata konotatif yaitu kata- kata yang
sudah diberi tambahan nilai- nilai rasa dan asosiasi tertentu.
o
Pengulangan yang berfungsi untuk
mengintensifkan hal- hal yang dilukiskan sehingga lebih menggugah hati.
-
Alasan alasan penyair
mendasari puisi dalam IBD
o
Hubungan Puisi dengan pengalaman hidup
manusia
o
Puisi dan Kesadaran Individual
o
Puisi dan Kesadaran Sosial
Contoh kasus: setiap penyair mengetahui dasar dasar dalam puisi
itu sendiri dalam pembuatan puisi penyair harus mengetahui berapa bait bait
dalam puisi yang ingin di buatnya dan memakai majas apa saja yang diperlukan
dalam setiap pembuatan puisi itu sendiri serta memakai kata kata yang
baik,sopan serta menarik perhatian pembaca untuk membuat kreativitasnya dalam
menulis puisi.
DAFTAR PUSTAKA
Dr.Elly
M.Setiadi,M.Si, Drs. H.Kama A. Hakam M.Pd, dan Drs. Ridwan Effendi, M.Ed(2000)
.Ilmu Budaya dan dasar edisi kedua.Kencana
Media Group.
Drs.Joko Tri
Prasetya,dkk (2011).Ilmu Budaya Dasar.PT.
Asdi Mahasatya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar