Myhafiezers
Read more: http://myhafiezers.blogspot.com/2012/05/cara-membuat-efek-hujan-di-blog.html#ixzz28L2z92pC

Universitas Gunadarma

Kamis, 24 April 2014

Tulisan softkill - cara yang tepat berbica dengan orang tua


NAMA             : AMALIA ANANDA PUTRI
NPM                : 10212676
KELAS             : 2EA20

Kamis, 24 APRIL 2014 - 22:52

Cara Yang Tepat Berbicara Dengan Orang Tua










Sebagai anak, kita harus punya cara untuk berbicara dengan orang tuanya, anda bisa meminta pendapat dari orang tua dalam kebikannya dan tidak harus selalu menerima semua apa yang mereka katakan contohnya ia sedang bercanda dengan menyebutkan beberapa yang sedikit tak perlu dicontoh tapi anda menangkapnya serius, tapi anda tak perlu serius lihatlah orang tua anda sedang serius apa sedang bercanda.
Berikut tips tips untuk berbicara yang baik dengan orang tua yaitu :
1.      Libatkan dalam pembicaraan ringan
Bicarakan hal-hal ringan terlebih dahulu, misalnya mengenai hewan peliharaan, nanti malam makan apa, dsb. Hal tersebut akan membantu kita terhubung dengan orang tua, sehingga bisa dilanjutkan ke pembicaraan yang lebih besar lagi. Selain itu libatkan dalam pembicaraan kalau kita sedang meminta pendapat atau menanyakan pendapatnya tentang suatu hal misalnya di televisi ada berita tentang “kenaikan cabai,bawang merah,dll dalam bentuk kebutuhan pokok” anda bisa saja berpendapat dan anda juga bisa meminta pendapat orang tua anda tentang kebutuhan pokok yang sedang melambung tinggi, dll

2.      Beri tau apa yang ingin anda capai
Apakah anda mengalami masalah yang berat untuk mencapainya atau tidak bisa anda selesaikan sendiri? Atau orang tua mu hanya mendengar apa impianmu? Anda juga jangan cuman diam saja beritahu semua yang anda tidak dapat selesaikan itu dengan segera supaya anda juga mendapatkan jalan keluarnya otomatis orang tua anda akan memberikan jalan keluar yang terbaik untuk anaknya. Tapi harap ingat juga cari momen yang pas untuk memberitahunya juga jangan sampai orang tua mu baru pulang kerja anda sudah memberitahu masalah yang sedang anda hadapi otomatis orang tuamu juga akan marah atau mengabaikannya

3.      Bicara dengan salah satu orang tua mu terlebih dahulu
Jadi takut berbicara dengan orang tua jadi disarankan ngomong dengan salah satu orang tua kita yang lebih memahami masalah yang sedang anda hadapi.Disini dimaksud supaya tidak adanya salah paham anda boleh saja bertukar pikiran, dan berdebat dengan orang tua yang menguasai perdebatan tapi jangan lupa waktu juga karena bisa mengganggun tetangga yang ada di sebelah rumah hehehe..

4.      Pilih jalan keluar dari pertentangan
Setiap pembicaraan akan berjalan dengan baik jika tidak ada pertengkaran dan anda berbicara dengan keras dan menyebut kata kata kotor atau kata kebun binatang yang keluar dari mulut anda itu tidak sopan sebisa mungkin anda berbicara dengan suara yang lembut dan tidak menyinggung perasaan orang tuamu walaupun anda sedangkesal tetaplah menjaga sopan santun. Menurut McCoy, jika segala sesuatu yang dibicarakan adalah pertentangan, kamu dan orang tuamu hanya akan kelelahan. Jika  tidak mendapatkan titik tengah, coba minta pengecualian, atau dengan melakukan hal-hal yang baru.

5.      Pilih tempat dan waktu yang tepat
Bukan ide bagus jika kamu berbicara mengenai hal-hal buruk ketika orang tuamu sedang terburu-buru menuju kantor. Berbicaralah saat orang tua sedang santai. Jika sedang marah, tunggu hingga meredam. Dan jangan sesekali membantahnya ketika ia sedang marah karena anda yang memulainya dahulu karena akan menyebabkan pertengkaran yang hebat bisa bisa anda diusir dari rumah itu dan tetaplah menjadi anak yang baik budi pekertinya dan selalu menghargai satu sama lain.


Catatan: jangan pernah mancing emosi orang tuamu walaupun anda sedang kesal dengannya hargailah orang tuamu, patuhilah semua larangan larangan yang ia buat walaupun anda sudah merasa dewasa dan mempunyai uang sendiri dalam hasil keringatmu tetaplah menjaga kesopanan anda, rasa hormat dan rasa sayangmu tentunya juga . jangan berbicara dengan kata "lo gue" ke orang tua karena kurang sopan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar