Myhafiezers
Read more: http://myhafiezers.blogspot.com/2012/05/cara-membuat-efek-hujan-di-blog.html#ixzz28L2z92pC

Universitas Gunadarma

Senin, 21 Januari 2013

Tinjauan tentang ilmu budaya dasar


NAMA             : Amalia Ananda Putri
NPM                : 10212676
KELAS             :1EA17


Tugas 1>Tulisan
ILMU BUDAYA DASAR
1.1       IBD Sebagai bagian dari MKDU
-          Menjelaskan pengertian MKDU: MKDU adalah Ilmu yang berbicara tentang nilai - nilai, kebudayaan dan berbagai masalah yang dihadapi manusia dalam hidup sehari2 dan untuk menyelesaikan masalah yang ada yang dihadapi setiap orang untuk selalu diselesaikannya
contoh:
·         Masalah : Konflik antar sesama manusia yang terjadi karena masalah yang terkadang berhubungan dengan yang tidak terlalu serius dan juga serius misalnya masalah yang sebenarnya tidak terlalu diketahui oeh tetangga tetapi tetangganya ingin bergosip dengan tetangga yang lainnya. Dan ketika si yang punya masalah sedang berbelanja atau menyapa tetangganya si tetangganya pun menjadi jijik melihat si tetangga yang menyapanya barusan ini dan tak mau melihatnya pada akhirnya pun tetanga yang mempunyai masalah pun mencari tau kenapa tetangga tetangga yang lain sinis melihat dirinya dan keluarga ketika dia mendengarnya pun ia menjadi sangat marah dan mengendalikan emosi dengan kepala dingin ia pun memberanikan diri untuk menceritakan keadaan yang sebenarnya walau hati masih marah ingin putus hubungan persaudaraan dengan tetangganya inilah salah satu masalah yang berhubungan dengan konflik
·          Kebudayaan: adalah melestarikan kebudayaan daerah daerah yang ada supaya tidak punah atau hilang begitu saja kebudayaannya sehingga harus tetap dijaga supaya kebudayaan itu tidak cepat punah dan tetap harus dihargai keberadaannya. misalnya Tari jaipong,Saman,Tari piring,dll
·        Nilai: menilai salah satu mata kuliah yang ada dan berhubungan dengan IBD menjadi salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa, dikarenakan merupakan mata kuliah yang menjadi kan pola pikir mahasiswa menjadi lebih ter arah dalam menjalankan aktivitasnya. Didalam lingkungannya dan keberadaannya ia pun di tuntut untuk menetahui suatu istilah dasar apa itu masalah apa itu kebudayaan apa itu nilai dll yang harus diketahui apa maksud dasarnya. Sehingga mahasiswa dapat menjelaskan apaitu yang ditanya dasarnya.

Opini: Menurut saya IBD dalam hal ini merupakan Bagian dalam kehidupan manusia untuk menjalankan sehari harinya seperti dalam nilai – nilai yaitu nilai yang dapat saya simpulkan nilai ini berguna pada saya karena nilai yang ada dalam IBD bagian dari MKDU merupakan fungsinya memperbanyak ilmu yang diserap,selain itu kebudayaan kebudayaan yaitu budaya yang bersifat menghibur di dalam kehidupan selain menghibur ia juga dapat dipelajari untuk apasih budaya itu bagaimana kebudayaan itu bisa dipahami oleh setiap manusia itu sendiri dengan banyak mendengar,membaca,melihat kebudayaan itu bisa dibilang seni . masalah masalah adalah sebuah konflik yang terkadang sifatnya belum tentu serius artinya konflik dengan hal spele itu terkadang membuat kita rusuh dengan adanya masalah bagaimana sih caranya menyelesaikan masalah tanpa harus emosi nah dalam IBD itu semua dapat kita pelajari apa dan maksud diadakan IBD itu sendiri dengan mempelajari saja tidak cukup tapi kita harus terjun sendiri melihat kondisi atau suasana yang ada di lingkungan itu terkadang enak dan terkadang tidak enak namun banyak orang yang suka terhadap masalah atau mencari masalah menurutnya itu hal yang wajar tetapi didalam beretika hal ini tidak dibolehkan karena bersifat menggangu,tidak sopan dan selalu ingin menang sendiri dalam pelajaran ini kami semua dituntut untuk selalu menghargai orang mau itu yang lebih tua maupun yang lebih muda karena setiap orang itu berbeda tidak semua yang lebih tua itu lebih benar atau yang lebih muda itu selalu salah itu semua tidak benar kita harus berpikir positif dalam apa masalahnya situasi kondisi yang di hadapi semua ada hikmah dibalik masalah yang di dapat

Contoh kasus: mahasiswa harus mengetahui pernyataan pernyataan yang dasar terlebih dahulu untuk memperkuat dirinya didalam bidang ilmu pengetahuan walau hanya teorinya saja yang penting tau apa dasarnya yang dimaksud untuk apa rumah fungsinya apa dll.

-         Menyebutkan tujuan MKDU
Mahasiswa mampu membangun jati diri dan menjadi orang yang bijak dalam setiap langkah,keputusan yang diambil dan menjadi mahasiswa yang berjiwa pancasila yang memiliki semangat dalam menuntut ilmu yang tinggi, berwawasan luas menjadikannya pribadi yang efektif bagi kehidupan bermasyarakat Mahasiswa dituntut untuk memeperlihatkan minat dan kebiasaan menyelidiki apa yang terjadi di sekitarnya dan di luar lingkungannya,serta melihat kesadaran diri untuk selalu jujur terhadap apa yang dikerjakannya didalam kehidupan sehari – harinya dan.
1.    Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa , bersikap dan bertindak sesuai dengan ajaran agamanya. Dapat saling menghormati serta menghargai pemeluk agama lain baik di dalam suatu organisasi ataupun di lingkungan sekitar .
2.    Berjiwa Pancasila, agar dapat mencerminkan nilai-nilai pancasila dalam membuat keputusan ataupun bertindak dan juga memiliki integritas yang tinggi seperti, mendahulukan kepentingan nasional sebagai sarjana Indonesia .
3.    Memiliki wawasan yang luas dan memiliki sifat yang Integral / tidak setengah- setengah dalam menyelesaikan dan menyikapi suatu permasalahan kehidupan baik ekonomi , politik , social , kebudayaan serta pertahanan keamanan .
Memiliki wawasan yang luas mengenai kebudayaan di dalam kehidupan bermasyarakat dan secara bersamaan mampu ikut serta meningkatkan juga melestarikan  kualitas di masyarakat tersebut.

Opini: menurut saya tujuan dibangun adanya MKDU yang menyebutkan tujuan dari sini adalah seluruh manusia (mahasiswa) harus mempunyai kebiasaan yang baik tetapi tidak hanya baik saja melainkan manusia (mahasiswa) dituntun harus menjadi orang yang selalu jujur yang memiliki tuhannya yang selalu diingatnya, berjiwa pancasila artinya berjiwa pancasila itu adalah membangun negaranya sendiri yang bersifat netral (jujur) didalam benak yaitu Indonesia atau memajukan negara Indonesia dengan membanggakan bahasa yang dimiliki atau dipunyai untuk menjadi GO Internasional, mempunyai jiwa pemberani yang selalu untuk mencoba (semangat),berjiwa saing dalam tukar pikiran (berasaing untuk menguasai ilmu yang di dapat) dan tidak pernah mengatakan putus asa dalan benaknya.  Dalam keseharian manusia selalu dituntut menjadi pekerja (pelajar) yang efektif artinya tidak pernah menjalankan dengan setengah hati (malas) orang yang memiliki jiwa ini semua adalah tujuan yang ada di dalam MKDU sebagai tujuan selain itu manusia (mahasiswa) harus banyak mempelajari apasih tujuannya apa manfaatnya manfaatnya ialah manusia (mahasiswa) yang telah menerapkan tujuan MKDU orangnya selalu mandiri tidak ada kata menyerah atau pun putus asa dalam sesulit sulitnya apa yang dikerjakan dan tentunya tidak pernah mengeluh pada kondisi apapun. Pelajaran ini bagus untuk dipelajari karena bagus untuk kedisplinan atau berpikir secara jernih untuk bersaing secara sehat yang pastinya membangun negaranya sendiri untuk maju. Dengan menerapakan pola pola yang benar, baik, jujur,berjiwa semangat (bersaing),dan diterapkannya melalui usaha dan berdoa pada sang pencipta kepada tuhan nya masing masing dan kepercayaan masing masing yang selalu berlaku

Contoh kasus: tujuannya dapat diartikan dengan istilah mahasiswa harus jujur apa yang dikerjakannya dan selalu berusaha mendekatkan diri kedalam lingkungan yang ada serta melihat dan membawa dirinya harus bagaiman dilingkungannya cara bersikap,bersopan santun terhadap orang yang lebih tua yaitu orang tua kandung/tiri, saudara kandung/tiri, dll

1.2       Pengertian Ilmu Budaya Dasar
-          Menjelaskan pengertian ilmu budaya dasar : ilmu yang mempelajari basic  Humanitiesm ada pun istilah Humanities itu berasal dari bahasa latin yang sudah berkembang yaitu humanus yang berarti manusia, budaya, dan halus materi ini diandaikan menjadi manusiawi yang berbudaya dan halus. Manusia budaya adalah manusia yang memiliki kebudayaan yang tidak pernah dilupakannya kebudayaan yang sudah ada, memiliki pikiran untuk selalu mengembangkan kebudayaan itu di mata masyarakat bagaimana supaya masyarakat tidak bosan atau jenuh melihat kebudayaan itu sendiri, menambahkan gerakan gerakan didalam budaya tetapi tidak mengganti 100% dalam kebudayaan yang modern tetapi membuat kebudayaan itu campur dalam arti misalnya tarian tarian jaipong dikombinasi dengan tarian modern sehingga menarik untuk ditonton oleh masyarakat. Serta Ilmu pengetahuan yang memberikan pengetahuan dasar dan pengetahuan mengenai konsep-konsep yang di kembangkan untuk memecahkan/ mengkaji sebuah masalah dan kebudayaan .


Opini : menurut saya menjelaskan pengertian ilmu budaya dasar adalah ilmu yang sifatnya sederhana tetapi banyak diterapkan didalam semua hal contoh : agama,hukum,dll agama sering juga dapat dibilang menerapkan yang bersifat Manusiawi karena agama selalu ada ayat ayat atau kandungan yang berisi bahwa setiap manusia pasti mempunyai manusiawi tetapi karena jaman sudah modern sifat manusiawi ini sudah menurun dikarenakan sogok menyogok yang sifatnya salah kerena menyogok ia menjadi benar  manusiawi adalah sifat yang mempunyai hati nurani yang tumbuh kerena keiklasan di dalam hati tanpa belas kasihan orang lain Hukum hukum ini menerapkan yang namanya bahwa manusia harus (diwajibkan) mempunyai apa itu manusiawi manusiawi itu bersifat membantu atau menolong sesama manusia yang lain secara ikhlas tanpa pamer semua berawal karena hati yang selalu tidak ragu ragu dengan pelajaran ini mahasiswa dapat menyimpulkan bahwa pentingnya hidup memiliki jiwa yang manusiawi, percaya kepada tuhannya dan selalu ingin trus mempelajari materi materi yang bersifat positif.

Contoh kasus: yang penting tidak melupakan kebudayaan yang dianut oleh negara yang kita tempati / tinggal ditempat tersebut dan selalu untuk dikembangkan kebudayaan dalam arti tidak memusnahkan kebudayaan yang sudah ada dan mengganti semua kebudayaan dengan kebudayaan yang modern.

-          Membedakan IBD dengan pengetahuan budaya : yang membedakan IBD adalah nilai nilai, kebudayaan, dan manusia kalau pengetahuan budaya adalah ilmu basic humanities yang harus menjadi manusia yang lebih manusiawi yang mempunyai etika serta berbudaya yang halus yang ada didalam setiap lingkungannya dan manusia juga harus mempunyai moral, sopan santun harus tetap dijaga sehingga budaya yang sudah ada juga dapat dihormati dengan negara negara lain

-          Ilmu Budaya dasar (The Basic of Humanities) yaitu seperti yang telah di kemukakan di atas IBD adalah ilmu pengetahuan yang mempejari tentang dasar- dasar (Basic) serta konsep yang di kembangkan dalam pemecahan masalah, baik masalah dalam kehidupan sehari-hari maupun di dalam suatu kebudayaan oleh karena itu Ilmu Budaya Dasar di sebut sebagai The Basic of Humanities .

-          Pengetahuan Budaya (The Humanities) adalah Ilmu pengetahuan yang mencakup keahlian cabang ilmu seni dan filsafat . Keahlian inipun dapat di bagi ke beberapa cabang keahlian, seperti seni sastra , seni tari , seni music , seni rupa dan lain-lain.


Opini: menurut saya IBD pengetahuan budaya adalah IBD yang mempunyai suatu kebudayaan yang sifatnya itu manusiawi jadi pada intinya manusia harus mempunyai sifat manusiawi ini supaya tidak beretika yang buruk di pandang pada manusia lain mahasiswa di tuntut mempelajari ini supaya mempunyai jiwa manusiawi mahasiswa harus mempunyai jiwa ini karena ia nantinya akan kedunia pekerjaan mahasiswa juga harus tahu jiwa manusiawi itu seperti apa.

Contoh kasus: manusia harus mengetahui pengetahuan budaya apasih yang membuat budaya suatu negara itu berkembang padahal tarian tarian yang lama dan yang baru gerakannya juga sama itu itu saja yang membedakan adalah orang orang yang menari itu lebih menarik perhatian publik dan lagu lagunya dikombinasi dengan RNB,atau DJ sehingga masyarakat melupakan kebudayaan yang ada yang hampir musnah atau punah.

-          Menyebutkan 3 kelompok besar dalam ilmu dan pengetahuan :
1.    Ilmu alamiah :
Keteraturan – keteraturan yang ada di alam semesta untuk menkaji hal itu menggunakan metode ilmiah caranya ia dengan menentukan hukum yang berlaku mengenai keteraturan keteraturan itu sendiri, yang tentunya berlaku pada hukum itu lalu membuat analisis untuk menentukan sebuah kualitas. Yang termasuk kedalam suatu ilmu alamiah ialah kimia,astronomi,fisika,mekanika dan kedokteran
2.    Ilmu sosial :
Ilmu sosial bertujuan untuk keteraturan yang berhubungan dengan manusia lain atau kelompoknya sendiri dalam hal ini digunakannya metode ilmiah dalam pinjaman ilmu alamiah. Tetapi sifat ini belum tentu 100% benar. Yang termasuk kedalam ilmu sosial yaitu psikologi psikologi itu dapat membaca semuanya termasuk sifat dan karakter manusia itu sendiri, ekonomi ekonomi itu dapat mengatur sebuah perkonomian dalam hidup sendiri atau perekonomian perusahaan itu sendiri,sosiologi,antropologi sosial,sosial hukum, dan demografi
3.    Pengetahuan budaya
Pengetahuan budaya tujuannya untuk memahami,mencari sebuah kenyataan yang sifatnya manusiawi. Untuk mengkajinya dengan metode yang berhubungan pengungkapan peristiwa – peristiwa dan pernyataan – pernyataan yang sifatnya unik. Kemudian peristiwa dan pernyataan terdapat dalam tulisan

Opini: menurut saya 3 kelompok besar dalam ilmu dan pengetahuan itu bertujuan memberikan pengetahuan dasar, pengertian umum tentang sebuah konsep yang sudah dikembangkan jadi di mata kuliah ini mahasiswa mampu memiliki jiwa kemanusiaan dan pengetahuan yang dapat ia simpulkan sendiri menjadikan sarjana yang memiliki softkill yang baik.

Sumber :
Dari ilmu budaya dasar penerbit Widyo Nugroho

Contoh kasus: ilmu dan pengetahuan mkdu  itu adalah berbicara nilai nilai dan kebudayaan , kelompok besarnya ada 3 ilmu alamiah,sosial, dan pengetahuan kebudayaan ilmu alamiah itu berhubungan dengan alam semesta alam semesta itu berbagai macam misalnya pantai,matahari,bintang,bulan,dll ini termasuk kedalam alam semesta. Sosial adalah suatu interaksi anatara sesama masyarakat atau umat manusia yang ada didunia ini contohnya berbicara dengan orang lain, berhubungan secara baik dengan oraang lain,dll ini adalah suatu contoh ilmu sosial yang berinteraksi sesama manusia dan saling tolong menolong,pengetahuan budaya berhubungan dengan melestarikan suatu budaya yang sudah ada.

1.3         Tujuan Ilmu budaya dasar
-        Menjelaskan masalah budaya dengan benar : ilmu yang mempelajari pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian tentang konsep-konsep umum yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan atau ilmu yang mempelajari tentang dasar dasar kebudayaan dan budaya memang salah satu jiwa dari nilai – nilai yang ada dimasyarakat
Contohnya :
·         Menimbulkan Minat Untuk Mendalaminya
·         Lebih Peka dan Terbuka terhadap masalah kemanusiaan dan kebudayaan serta lebih bertanggung jawab terhadap masalah itu
·         Menyadarkan kita terhadap nilai nilai yang hidup dalam masyarakat, hormat menghormati anatara sesama serta simpati terhadap nilai nilai yang hidup atau terdapat dalam masyarakat
Atau masalah mengenai perubahan sistem nilai budaya.Sistem nilai budaya sendiri adalah konsepsi- konsepsi tentang nilai yang hidup dalam alam pikiran sebagian besar anggota masyarakat, dan berfungsi sebagai pedoman tertinggi bagi sikap mental, cara berfikir, dan tingkah laku mereka. System nilai budaya juga merupakan hasil pengalaman hidup yang berlangsung dalam kurun waktu yang lama, sehingga menjadi kebiasaan yang berpola. Sistem nilai budaya yang berpola merupakan gambaran sikap dan tingkah laku anggota masyarakat yang diwujudkan dalam bentuk sikap dan perbuatan dalam hidup bermasyarakat. Apabila terjadi perubahan pada system nilai budaya maka akan terjadi juga perubahan sikap mental, pola pikir, dan pola tingkah laku anggota masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan.Contohnya seperti kebudayaan yang ada di Indonesia, Negara Indonesia mempunyai beragam kebudayaan dari Ras / Suku dan Agama. Apabila terjadi suatu kesalahpahaman di dalam berbudaya maka akan memberikan dampak negatif di dalam lingkup ke masyarakatan. Salah satu dampak negatif apabila terjadinya suatu masalah dalam berbudaya adalah terpecahnya kedamaian antar masyarakat , kurangnya rasa saling menghormati dan menghargai antar suku / ras dan agama. Sedangkan dampak positif jika tidak terjadinya masalah budaya adalah terjalinnya hubungan yang baik antar masyarakat walaupun setiap individu mempunyai perbedaannya masing-masing.
                 macam suku bangsa.jpeg          

Opini: Menurut saya masalah yang dikaji dalam budaya yang benar itu untuk mencari solusi yang telah di kembangkan dalam hal ini jadi manusia banyak banyak mempelajari dasar dasar kebudayaan apa sih kebudayaan itu yang sifatnya membangun manusia yang ingin mengetahui tetntang budaya itu sendiri

Contoh kasus: tujuan dasar ilmu budaya dasar untuk mengetahui tenatang keberadaan kebudayaan pada umumnya dan meningkatkan mutu dan mendalami serta bertanggung jawab atas keberadaan kebudayaan itu sendiri.

-          Menjelaskan Masalah Kemanusiaan dengan jelas
·         Kemiskinan : Kemiskinan memrupakan masalah yang tidak ada habisnya. Angka kemiskinan semakin lama semakin meningkat dan berdampak cemburunya sosial yang banyak di alami pada masyarakat kita hal ini adanya jurang pemisahan si kaya dan si miskin atau hal yang paling sering di keluhkan di kalangan masyarakat menengah ke bawah , karena sulitnya mencari pekerjaan yang layak dan sulitnya untuk melanjutkan pendidikan karena tidak adanya biaya. Kemiskinan tidak hanya terjadi di pedesaan tetapi juga di Ibu Kota, seperti contohnya masih banyak rumah – rumah kumuh yang berada di bantaran sungai. Menurut saya pemerintah tidak seharusnya lebih mementingkan renovasi gedung-gedung pemerintah yang menurut saya masih kokoh untuk di gunakan,lebih baik menggunakan dana tersebut untuk mengatasi kemiskinan di masyarakat sekitar dan itu akan sangat membantu masyarakat yang kurang mampu di dalam hal perekonomian dan juga pendidikan , karena masih banyak anak-anak yang tidak mampu untuk mengenyam bangku pendidikan karena banyaknya kebutuhan yang harus di penuhi seperti membeli seragam sekolah dan buku serta peralatannya.

·         Korupsi : Korupsi adalah merupakan hal yang biasa dilakukan pada masyarakat kita maupun masyarakat luar, korupsi yang sering merajalela sehingga sering terang terangan membuat korupsi itu sendiri, mengapa korupsi susah untuk di brantas ? karena korupsi sudah makanan sehari harinya yang merupakan kebudayaan dia yang negatif dan hampir semua masyarakat pun mengetahui tentang hal ini. Korupsi bukanlah hal yang baik, karena secara tidak langsung para Koruptor sudah mengambil bagian yang bukan hak miliknya. Korupsi harus segera di berantas, karena dengan begitu setiap masyarakat akan terbantu dengan dana-dana yang memang sudah seharusnya di berikan untuk mereka. Tetapi zaman sekarang sepertinya untuk memberantas korupsi pun bukan hal yang mudah , karena segala sesuatunya dapat dibeli dengan uang.

·         Kebijakan Konversi minyak tanah ke gas elpiji : Kelangkaan minyak tanah di dalam negeri mendorongkannya pemerintah untuk mengambil keputusan atau kebijakan ini. Hal ini dilakukan supaya masyarakat kita tidak kekurangan bahan bakar untuk kebutuhan rumah tangga pada sehari – hari tetapi banyaknya masyarakat yang minim pada pengetahuan gas ini sehingga banyak terjadinya kebakaraan pada rumahnya. Dan berikut ada dampak baik dan juga dampak yang buruk. Dampak baiknya adalah masyarakat dapat mengenal metode penggunaan peralatan yang lebih modern dan lebih terjangkau ketika terjadi kelangkaan minyak tanah .  Tetapi dampak buruknya adalah tabung gas dapat meledak sewaktu-waktu dan dapat menimbulkan kebakaran yang nantinya dapat menimbulkan kerugian dalam jumlah yang besar , selain itu dengan munculnya gas elpiji akan merugikan para pedagang minyak tanah karena pengguna minyak tanah semakin sedikit dan permintaan minyak tanahpun ikut menurun.


Opini: menurut saya yang terjadi kelangkaan minyak tanah sehingga masyarakat banyak yang beralih ke pada gas namun pengetahuan masyarakat dengan memakainya gas kurang mengatahuinya sehingga banyak terjadi kebocoran gas pemerintah seharusnya memberitahukan kepada masyarakat bagaimana caranya pemakaian gas itu sendiri

-          Menyebutkan tujuan ilmu budaya dasar
·         Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menjadikan pemikiran yang luas dan pandangan hidup yang ada di dalam lingkungan kedepan serta memiliki daya kritis tentang masalah kemanusian
·         Memberi motivasi kepada mahasiswa untuk menjadi calon pemimpin bangsa dan negara, serta ahli dalam kedisiplinan yang di perketat supaya mahasiswa mampu menjadi orang yang displin jadi calon bangsa dan negara
·         Memberikan pandangan kepekaan Mahasiswa dalam lingkungan budaya lingkungan budaya, sehingga ia mampu beradaptasi secara cepat di lingkungan yang baru terutama untuk kepentingan dan profesi mereka.
·         Mengusahakan wahana komunikasi untuk para akademisi agar mekeka mudah untuk berdialog satu sama lain. Dan memiliki sebuah bekal untuk para akademisi diharpkan lebih lancar dalam  berkomunikasi
·         Lebih peka dan terbuka serta memiliki rasa tanggung jawab dalam mengatasi masalah-masalah di dalam kemanusiaan dan juga budaya.
·         Memiliki latar belakang kebudayaan yang cukup luas tentang kebudayaan Indonesia.
·         Mengembangkan daya kritis terhadap persoalan kemanusiaan dan daya kebudayaan.
·         Menambah kemampuan mahasiswa untuk menanggapi masalah nilai-nilai budaya dalam masyarakat Indonesia dan Dunia tanpa terikat oleh disiplin mereka.
·         Mengusahakan kepekaan terhadap nilai – nilai lain untuk lebih mudah menyesuaikan diri .
·         Mendukung dan mengembangkan kebudayaan sendiri dengan kreatif.
·         Menyadarkan mahasiswa terhadap nilai-nilai yang hidup dalam masyarakat, hormat menghormati serta simpati pada nilai-nilai yang hidup pada masyarakat.
·         Menimbulkan minat untuk mendalaminya.
·         Tidak terjerumus kepada sifat kedaerahan dan pengotakan disiplin ilmu.
·         Terjalin Interrelasi antara cendekiawan yang berbeda keahlian agar lebih positif dan komunikatif.
·         Mempunyai persamaan bahan pembicaraan, tempat berpijak mengenai masalah kemanusiaan dan kebudayaan.
·         Menjembatani para sarjana yang berbeda keahliannya dalam bertugas menghadapi masalah kemanusiaan dan budaya.
·         Memperlancar pelaksanaan pembangunan dalam berbagai bidang yang di tangani oleh berbagai cendekiawan yang berlatar belakang pendidikan berbeda.
·         Agar mampu memenuhi tuntutan Tri Darma Perguruan Tinggi, khususnya Darma Pendidikan.
·         Agar dapat memenuhi tuntutan masyarakat yang sedang membangun
·         Agar dapat memenuhi persyaratan sebagai masyarakat yang pintar dan cerdas dikalangan negaranya.


Opini: menurut saya dengan di bangunnya sebuah tujuan seperti diatas mahasiswa mampu untuk mengembangkan dirinya sendiri dalam segala hal yang berhubungan dengan wahana komunikasi,pandangan kepekaan,motivasi mahasiswa,kesempatan mahasiswa

1.4         Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar
-          Menyebutkan 2 masalah pokok dalam ilmu budaya dasar :
1.    Beberapa aspek kehidupan merupakan ungkapan masalah kemanusian dana kebudayaan yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya, maupun secara gabung berbagai upaya kedisplinan
2.    Hakekat manusia yang universal, akan tetapi yang beraneka ragam adalah perwujudannya dalam kebudayaan masing masing jaman. Dalam melihat dan dihadapi lingkungan alam,sosial dan budaya, manusia tidak mewujudkan kesamaan tetapi juga ketidak seragaman yang diungkapkan secara tidak seragam sebagaimana terlihat ekspresinya dalam berbagai bentuk dan corak.

Opini : menurut saya 2 masalah pokok ilmu budaya dasar itu perbedaan jaman ke jaman yang lain berubahnya dalam bentuk kebudayaan, perkembangan budaya, pengetahuan budaya.

-          Menyebutkan 8 pokok bahasan IBD dengan benar
·         Manusia Dan Cinta Kasih
·         Manusia Dan Keindahan
·         Manusia Dan Penderitaan
·         Manusia Dan Keadilan
·         Manusia Dan Pandangan Hidup
·         Manusia Dan Tanggung Jawab Dan Pengabdi
·         Manusia Dan Kegelisahan
·         Manusia Dan Harapan

Opini : menurut saya 8 pokok IBD yang benar adalah bahasan suatu kehidupan yang nyata di alam semesta ini seperti cinta kasih kita kepada Tuhan YME, keindahan yang ada di muka bumi ini, penderitaan yang biasanya sedang di beri cobaan pada Tuhan,dll

Sumber :
Buku Ilmu Budaya Dasar Penerbit : Widyo Nugroho


2.1  Manusia
-          Menjelaskan  unsur unsur yang membangun manusia
Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna , karena manusia memiliki akal budi dan perasaan. Di dalam kehidupan manusia mempunyai unsur – unsur yang membangunnya,unsur – unsur tersebut adalah :
1.    Jasad yaitu Tubuh manusia yang dapat dipegang dan menempati ruang dan waktu.
2.    Hayat yaitu mengandung unsur hidup yang ditandai dengan gerak .
3.    Ruh yaitu unsur ketiga yang membentuk kehidupan manusia , atau bisa disebut juga nyawa. Nafs yaitu pengertian diri atau kesadaran pada diri sendiri.
4.    Nilai
5.    Pandangan Hidup
6.    Kepercayaan

Opini : menurut saya  unsur yang ada pada diatas merupakan unsur yang bagus unsur nilai artinya unsur yang memiliki atau yang di cita citakan pada setiap kebutuhan (keinginan) manusia itu, unsur pandangan hidup artinya: dapat dianut pada sebuah kelompok atau bangsa yang memiliki pandangan hidup yang baik, unsur kepercayaan artinya unsur yang mempunyai naluri pada hidupnya .

2.2  Hakekat Manusia
-          Menjelaskan Hakekat Manusia: manusia adalah makhluk tuhan seorang khalifah diutus untuk memakmurkan bumi, makhluk sosial yang selalu bergantung kepada manusia yang lain berikut adalah salah satu contoh
1.    Makhluk Ciptaan Tuhan yang terdiri dari tubuh dan jiwa sebagai satu kesatuan yang utuh.
2.    Makhluk Ciptaan Tuhan yang paling sempurna karena dilengkapi dengan akal,kehendak dan perasaan.
3.    Makhluk Biokultural yaitu makhluk hayati dan budayawi.
4.    Makhluk Ekologi (terkait dengan lingkungan) yaitu manusia yang mempunyai sifat alamiah dan tunduk pada hukum alamiah juga.

Opini : menurut saya dengan diadakan hakekat manusia manusia lebih bisa bersosialisasi yang sangat ketergantungan dengan adanya makhluk atua manusia lain.

-          Membedakan Manusia Dengan Makhluk lain:
Manusia adalah makhluk hidup ciptaan Tuhan yang paling sempurna karena Manusia tidak seperti makhluk lainnya. Manusia memliki akal budi , kehendak dan perasaan. Dengan akal budi manusia dapat menciptakan hal yang baru,seperti teknologi dan ilmu pengetahuan. Dengan adanya kehendak , manusia mampu menentukan keputusan terbaik didalam hidupnya , dan dengan adanya perasaan manusia mampu menciptakan seni seperti musik, sastra dan puisi. Sedangkan makhluk lain tidak mempunyai hal-hal yang dimiliki oleh manusia. Dan yang membedakan adalah kalau manusia hidupnya ketergantungan sama orang lain kalau makhluk lain ketergantungan dengan manusia.

Opini : menurut saya sesama makhluk sama sama ketergantungan

2.3  Kepribadian Bangsa Timur
-          Menjelaskan tentang kepribadian bangsa timur: suatu sikap yang dimiliki suatu negara yang berhubungan dengan penyesuaian diri terhadap lingkungan. Kepribadian bangsa timur adalah salah satu seseorang yang mempunyai sifat ramah,bersahabat,tidak individualis dan suka menolong antar sesama bangsa timur maupun timur, sekarang banyak sekali negara asing yang mulai memasuki kedalam bangsa (kita) bangsa timur. Terutama hiburan misal music,tarian,film yang mungkin kurang sesuai dengan yang ada di istiadat bangsa timur itu sendiri

Opini: mempelajari bangsa timur dengan masuknya hiburan ke bangsa timur itu bagus karena bisa memotivasi bangsa timur unutk selalu berinovasi untuk maju terus.

-          Menujukan bagan psiko-sosiogram manusia : Pada hakikatnya manusia dan kebudayaan adalah sesuatu ikatan yang tidak mungkin bisa dipisahkan dalam kehidupan kita. Manusia diciptakan oleh Tuhan secara sempurna untuk menjalankan hakekatnya sebagai manusia bumi.selain itu manusia harus selalu mengingat tuhannya dan selalu beribadah kepadanya. Setiap manusia pasti akan mempunyai budaya untuk selalu diteruskan yang telah ada dari jaman nenek moyang. Hal itu akan berlanjut terus – menerus seiring jalannya waktu.
Pada kesempatan ini, kita akan membahas sub bab ke tiga yaitu tentang Bagan Psiko-Sosiogram Manusia.
-          Berikut ini merupakan contoh dari bagan Psiko-Sosiogram manusia:

bagan psiko sosiogram manusia.jpg

ü  Nomor 1 disebut lingkaran hubungan jauh, yang berarti pikiran dan gagasan manusia tentang berbagai macam hal
ü  Nomor 2 disebut lingkaran hubungan berguna. Bisa dianalogikan hubungan antara murid dengan guru, pedagang dan pembeli. Pada daerah ini semua hubungan yang ada sudah sering kita lihat berbagai contohnya dalam kehidupan sehari-hari.
ü  Nomor 3 disebut lingkaran hubungan karib. Di sini manusia memiliki seseorang atau sesuatu yang dianggap bisa menjadi curahan hati dan tempat untuk meminta bantuan.
ü  Nomor 4 disebut daerah kesadaran yang dinyatakan. kebalikan dari nomor 5, ini berarti manusia mengungkapkan kepada orang lain apa yang ada di pikirannya seperti perasaan, pengetahuan dan sebagainya.
ü  Nomor 5 disebut daerah kesadaran yang tidak dinyatakan. Maksudnya pikiran – pikiran dan gagasan yang ada disimpan sendiri oleh manusia tersebut dan tidak ada seorang lain pun yang dapat mengetahuinya.
ü  Nomor 6 dan 7 disebut sebagai daerah tak sadar dan sub sadar.
Disebut sebagai daerah tak sadar karena memang sudah tertanam jauh di dalam diri manusia dan tak mampu disadari bahkan oleh manusia itu sendiri.
Opini: bagan psiko-sosiogram manusia menunjukkan suatu hubungan yang bersifat akrab misalnya murid dengan guru maupun sebaliknya.

2.4  Pengertian Kebudayaan
-          Mendefinisikan Kebudayaan: merupakan kebudayaan yang kompleks, yang didalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan,kesenian,moral,hukum,adatistiadat dan kemampuan kemampuan lain yang didapat oleh seseorang sebagai anggota masyarakat > Edward B. Taylor
Kebudayaaan = cultuur (bahasa belanda) = culture (bahasa inggris)= tsaqafah (bahasa arab) yang berasal dari bahasa latin “colere” yang artinya mengolah ,  mengerjakan , menyuburkan dan mengembangkan , terutama mengolah tanah atau bertani. Dari segi arti ini berkembanglah arti culture sebagai “segala daya dan aktivitas manusia untuk mengolah dan mengubah alam.
Ditinjau dari sudut bahasa Indonesia , kebudayaan berasal dari bahasa sansekerta “buddhayah” yaitu bentuk jamak dari buddhi yang berarti budi atau akal.
Kebudayaan adalah hasil buah budi manusia untuk mencapai kesempurnaan hidup.


Opini: pengertian kebudayaan yang bersifat kepercayaan atau hiburan yang bisa dilihat dengan mata

-          Menyebutkan tokoh tokoh kebudayaan:
     Tokoh – Tokoh Kebudayaan di Indonesia dan di seluruh negara sangatlah   
     banyak ,seperti Melville J. Herkovits dan Bronislaw Malinowski, E.B.Tylor ,
     Selo Sumarjan & Soelaeman Soemardi, Sutan Takdir   
    Alisyahbana,Koentjaraningrat, A.L Krober & C.Kluckhon, C.A.Van Peursen.
    akan tetapi pada bab ini saya akan memaparkan beberapa tokoh budaya. 
    yang ada di Indonesia. Antara lain :
1.    Prof. Dr. Kuntowijoyo
Banyak Gelar yang di berikan kepada beliau , seorang sejarawan akademis yang telaten dan berkarya. Seorang penulis produktif. Sastrawan yang mahir dan pandai berkata-kata. Seorang guru besar emeritus Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada dan banyak lagi gelar yang bisa disematkan padanya.
2.    Affandi Koesoema 
(Cirebon, Jawa Barat, 1907 - 23 Mei 1990) adalah seorang pelukis yang dikenal sebagai Maestro Seni Lukis Indonesia, mungkin pelukis Indonesia yang paling terkenal di dunia internasional, berkat gaya ekspresionisnya dan romantisme yang khas. Pada tahun 1950-an ia banyak mengadakan pameran tunggal di India, Inggris, Eropa, dan Amerika Serikat. Pelukis yang produktif, Affandi telah melukis lebih dari dua ribu lukisan.
3.    Michelle Branch, penyanyi
5.    Eddie Van Halen, pemusik (AS)
6.    Xaviera Hollander, penulis, mantan wanita penghibur kelas atas, mucikari (AS)
7.    Marcus Schenkenberg, model (Swedia, AS)

Opini: tokoh tokoh diatas adalah salah satu tokoh yang mempunyai semangat tinggi untuk karirnya

a.    Unsur unsur kebudayaan
-          Menyebutkan 7 unsur kebudayaan universal:
v  Sistem kepercayaan (sistem religi)
v  Sistem pengetahuan
v  Peralatan dan perlengkapan hidup manusia
v  Mata pencaharian dan sistem sistem ekonomi
v  Sistem kemasyarakatan
v  Bahasa
v  Kesenian

Opini: menurut saya 7 unsur kebudayaan universal itu adalah yang harus dimiliki setiap atau semua orang karena dari point point tersebut kita semua dapat belajar untuk menjadi orang yang berbudaya yang memiliki sopan santun di dalam perbuatan yang ada dalam diri kita.

-          Membedakan kebudayaan dalam 2 bentuk wujud
Menurut J.J. Hoenigman, wujud kebudayaan dibedakan menjadi 2 gagasan, aktivitas
§  Gagasan (Wujud ideal)
Wujud ideal kebudayaan adalah kebudayaan yang terbentuk kumpulan ide-ide, gagasan,seperti  
nilai-nilainorma-norma, peraturan, dan sebagainya yang sifatnya abstrak; tidak dapat diraba atau disentuh. Wujud kebudayaan ini terletak dalam kepala-kepala atau di alam pemikiran warga masyarakat. Jika masyarakat tersebut menyatakan gagasan mereka itu dalam bentuk tulisan, maka lokasi dari kebudayaan ideal itu berada dalam karangan dan buku-buku hasil karya para penulis warga masyarakat tersebut.
  • Aktivitas (tindakan)
    Aktivitas adalah wujud kebudayaan sebagai suatu tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat itu. Wujud ini sering pula disebut dengan sistem sosial. Sistem sosial ini terdiri dari aktivitas-aktivitas manusia yang saling 
    berinteraksi, mengadakan kontak, serta bergaul dengan manusia lainnya menurut pola-pola tertentu yang berdasarkan adat tata kelakuan. Sifatnya konkret, terjadi dalam kehidupan sehari-hari, dan dapat diamati dan didokumentasikan.

Opini : menurut saya gagasan dan aktivitas berawal dari ide ide yang masuk dan dikembangkan menjadi sebuah gagasan yang sifatnya ideal kalau aktivitas biasanya yang dilakukan pada sehari hari nya yang berpola dari masyarakat yang sering melakukan interaksi antara masyarakat lainnya. Serta mengarang sebuah buku dll

b.    Wujud kebudayaan
  • Menyebutkan 3 wujud kebudayaan menurut dimensi wujudnya:
ü Gagasan (Wujud ideal)
Wujud ideal kebudayaan adalah kebudayaan yang membentuk suatu kumpulan ide-ide, gagasan, nilainorma, peraturan, dan sebagainya yang bersifat abstrak; tidak dapat diraba atau disentuh. Wujud kebudayaan ini terletak dalam benak suatu masyarakat yang telah menempel di dalam otaknya atau di alam pemikiran warga masyarakat. Jika masyarakat menyatakan sebuah gagasan mereka itu kedalam bentuk tulisan, maka lokasi dari kebudayaan ideal itu berada dalam karangan dan buku-buku yang telah menghasilkan sebuah karya para penulis warga masyarakat tersebut.
ü  Aktivitas (tindakan)
Aktivitas adalah wujud kebudayaan sebagai suatu tindakan yang berpola dari manusia dalam masyarakat itu. Wujud ini sering pula disebut dengan sistem sosial. Sistem sosial ini terdiri dari aktivitas-aktivitas manusia yang saling
berinteraksi, mengadakan suatu kontak, serta bergaulnya dengan manusia yang lainnya menurut pola-pola tertentu yang berdasarkan adat tata kelakuan. Yang sifatnya konkret, terjadi dalam kehidupan sehari-hari, dan dapat diamati dan didokumentasikan.
ü  Artefak (karya)
Artefak adalah wujud kebudayaan 
fisik yang merupakan hasil dari aktivitas, perbuatan, dan karya semua  yang bertentang dengan manusia dalam masyarakat berupa benda-benda atau hal-hal yang dapat diraba, dilihat, dan didokumentasikan seperti lukisan,foto,uang,dll. Sifatnya paling konkret diantara ketiga wujud kebudayaan. Dalam kenyataan kehidupan bermasyarakat, antara wujud kebudayaan yang satu tidak bisa dipisahkan dari wujud kebudayaan yang lain. Sebagai contoh: wujud kebudayaan ideal mengatur dan memberi arah kepada tindakan (aktivitas) dan karya (artefak) manusia.
Opini: menurut saya 3 aspek diatas salah satu dari yang sifatnya berhubungan dengan kebudayaan tetapi kebudayaan yang sifatnya tidak sama satu sama lain seperti gagasan yang berkebudayaan membentuk suatu ide,norma,peraturan, yang mempunyai sifat yang abstrak
(sumber : wikipedia)

c.    orientasi nilai budaya
-          mahasiswa dapat mengggunakan 5 masalah pokok kehidupan manusia dalam sistem nilai budaya

1.        Sistem kemasyarakatan atau organisasi sosial yang meliputi:
o   kekerabatan
o   asosiasi dan perkumpulan
o   sistem kenegaraan
o   sistem kesatuan hidup
o   perkumpulan
2.      Sistem pengetahuan meliputi pengetahuan tentang:
o   flora dan fauna: berhubungan dengan alam dan hewan
o   waktu, ruang dan bilangan berhubungan dengan kehidupan
o   tubuh manusia dan perilaku antar sesama manusia berhubungan dengan suatu interaksi

3.       Bahasa yaitu alat untuk berkomunikasi berbentuk:
o   Lisan yaitu pemikiran sendiri yang dikembangkan
o   Tulisan yaitu menuangkan kata kata yang sudah ada

4.      Kesenian yang meliputi:
o   seni patung/pahat
o   relief
o   lukis dan gambar
o   rias
o   vokal
o   musik
o   bangunan
o   kesusastraan
o   drama

5.      Sistem mata pencaharian hidup atau sistem ekonomi yang meliputi:
o   berburu dan mengumpulkan makanan
o   bercocok tanam
o   peternakan
o   perikanan
o   perdagangan

Opini: menurut saya 5 pokok kehidupan manusia dalam sistem nilai budaya yang paling utama sistem mata pencaharian karena mata pencaharian yang dialami di negara ini belum semua yang dapat hidup enak,nyaman,tentram,dll

Contoh kasus: setiap manusia membutuhkan seni untuk menghilangkan stress,penat,letih,emosi,sedih,dll  5 pokoknya adalah yang paling utama sistem mata pencaharian karena mata pencaharian yang dialami di negara ini belum semua yang dapat hidup enak,nyaman,tentram,dll


d.    Perubahan kebudayaan
-          Mahasiswa dapat menyebutkan faktor faktor yang mempengaruhi diterima atau tidaknya suatu unsur kebudayaan baru:

Berikut ini merupakan faktor yang mempengaruhi diterima atau tidaknya suatu unsur kebudayaan :

1.    Terbiasanya masyarakat tersebut mempunyai hubungan/kontak kebudayaan dengan orang-orang yang berasal dari luar masyarakat tersebut, yang mempunyai kebudayaan yang berbeda. Sebuah masyarakat yang terbuka bagi hubungan-hubungan dengan orang yang beraneka ragam kebudayaannya, cenderung menghasilkan warga masyarakat yang bersikap terbuka terhadap unsur-unsur kebudayaan asing. Sikap mudah menerima kebudayaan asing lebih nampak menonjol dari sebelumnya kalau masyarakat tersebut menekankan pada ide bahwa kemajuan dapat dicapai dengan adanya sesuatu yang baru yang lebih fantastik yang mempunyai inovasi yang menarik yang muncul dalam diri untuk lebih mudah, yaitu baik yang datang dan berasal dari dalam masyarakat itu sendiri, maupun yang berasal dari kebudayaan yang datang dari luar
2.    Kalau pandangan hidup dan nilai-nilai yang dominan dalam kebudayaan tersebut ditentukan oleh nilai yang bersumber pada ajaran agama; dan ajaran ini terjalin erat dalam keseluruhan pranata yang masuk kedalam kehidupan masyarakat tersebut; maka penerimaan unsur kebudayaan yang baru atau asing selalu mengalami kelambatan karena harus di sensor dulu oleh berbagai ukuran yang berlandaskan pada ajaran agama yang berlaku. Dengan demikian, suatu unsur kebudayaan baru akan dapat diterima jika unsur kebudayaan yang baru tersebut tidak bertentangan dengan ajaran agama yang berlaku, dan karena tidak akan merusak pranata-pranata yang sudah ada.
3.    Corak struktur sosial suatu masyarakat turut menentukan proses penerimaan unsur kebudayaan baru. Suatu struktur sosial yang didasarkan atas sistem otoriter akan sukar untuk dapat menerima suatu unsur kebudayaan baru, kecuali kalau unsur kebudayaan baru itu, secara langsung atau tidak langsung dirasakan oleh rezim yang berkuasa sebagai sesuatu yang menguntungkan mereka.

Opini: dengan dibangunnya faktor yang mempengaruhi diterimanya atau tidaknya suatu unsur kebudayaan baru dapat dilihat dari proses terpengaruhnya suatu kebudayaan itu sendiri contohnya seperti seni yang ada pada tarian korea (gangnam style)

Contoh kasus: perubahan budaya dapat dilihat dari tahun ke tahun di era 70an budayanya masih sangan jadul dilihat dari tahun mendatang tetapi diera 70an yang tetap harus dijaga adalah sopan santun yang ada harus tetap dikembangkan.

-          Mahasiswa dapat menyebutkan penyebab terjadinya gerak/ perubahan kebudayaan
·         Sebab-Sebab yang Berasal dari Dalam Masyarakat (Sebab Intern)
Berikut ini sebab-sebab perubahan sosial yang bersumber dari dalam masyarakat (sebab intern):
1)    Dinamika penduduk
2)    Adanya penemuan-penemuan baru yang berkembang di masyarakat
3)    Munculnya berbagai bentuk pertentangan (conflict) dalam masyarakat
4)    Terjadinya pemberontakan atau revolusi
·         Sebab-Sebab yang Berasal dari Luar Masyarakat (Sebab Ekstern)
Berikut ini sebab-sebab yang berasal dari luar masyarakat (Sebab Ekstern):
1) Adanya pengaruh bencana alam
2) Adanya peperangan
3) Adanya pengaruh kebudayaan masyarakat lain

Opini: adanya pergerakan dari luar maupun dalam negeri yang sifatnya sama sama ingin membangun negara supaya tidak ada lagi bencana.

e.    Kaitan Manusia dan Kebudayaan
-          Mahasiswa dapat menjelaskan hubungan antara manusia dan kebudayaan
Secara sederhana hubungan antara manusia dan kebudayaan adalah : manusia sebagai perilaku kebudayaan, dan kebudayaan merupakan obyek yang dilaksanakan manusia
-          Mahasiswa dapat memberikan contoh tentang hubungan antara manusia dengan kebudayaan
Contoh hubungan manusia dengan kebudayaan:
1) Kebudayaan-kebudayaan khusus atas dasar faktor kedaerahan
Contoh: Adat-istiadat melamar di Lampung dan Minangkabau. Di Minangkabau biasanya pihak permpuan yang melamar sedangkan di Lampung, pihak laki-laki yang melamar.
2) Cara hidup di kota dan di desa yang berbeda ( urban dan rural ways of life )
Contoh: Perbedaan anak yang dibesarkan di kota dengan seorang anak yang dibesarkan di desa. Anak kota bersikap lebih terbuka dan berani untuk menonjolkan diri di antara teman-temannya sedangkan seorang anak desa lebih mempunyai sikap percaya pada diri sendiri dan sikap menilai ( sense of value )
3) Kebudayaan-kebudayaan khusus kelas sosial
Di masyarakat dapat dijumpai lapisan sosial yang kita kenal, ada lapisan sosial tinggi, rendah dan menengah. Misalnya cara berpakaian, etiket, pergaulan, bahasa sehari-hari dan cara mengisi waktu senggang. Masing-masing kelas mempunyai kebudayaan yang tidak sama, menghasilkan kepribadian yang tersendiri pula pada setiap individu.
4) Kebudayaan khusus atas dasar agama
Adanya berbagai masalah di dalam satu agama pun melahirkan kepribadian yang berbeda-beda di kalangan umatnya.
5) Kebudayaan berdasarkan profesi
Misalnya: kepribadian seorang dokter berbeda dengan kepribadian seorang pengacara dan itu semua berpengaruh pada suasana kekeluargaan dan cara mereka bergaul. Contoh lain seorang militer mempunyai kepribadian yang sangat erat hubungan dengan tugas-tugasnya. Keluarganya juga sudah biasa berpindah tempat tinggal.

-          Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian dialektis:
·         hal berbahasa dan bernalar dng dialog sbg cara untuk menyelidiki suatu masalah
·         ajaran Hegel yg menyatakan bahwa segala sesuatu yg terdapat di alam semesta itu terjadi dr hasil pertentangan antara dua hal dan yg menimbulkan hal lain lagi
-          Mahasiswa dapat menyebutkan 3 tahap dalam proses dialektis
Ø  Eksternalisasi yaitu proses dimana manusia menekspresikan dirinya dengan membangun dunianya
Ø  Obyektivitasi yaitu proses dimana masyarakat menjadi realitas obyektif
Ø  Internalisasi yaitu proses dimana masyarakat disergap kembali oleh manusia


Opini : menurut saya diantara 4 aspek ini adalah untuk membangun karakter mahasiswa agar menjadi yang lebih baik lagi dari sebelumnya dan mengetahui apa yang sudah ada tetapi mahasiswa belum mengetahuinya.

3.1  Pendekatan Kesusastraan
-          Menjelaskan pengertian sastra dan seni serta peranannya :
Sastra berasal dari kata castra yang berarti tulisan. Dari makna asalnya dulu, sastra meliputi segala bentuk dan macam tulisan yang di tulis oleh manusia, seperti catatan ilmu pengetahuan, kitab-kitab suci,surat undang-undang dan sebagainya.Sastra dalam arti khusus yang kita gunakan dalam konteks kebudayaan, adalah ekspresi gagasan danperasaan manusia. Jadi, pengertian sastra sebagai hasil budaya dapat diartikan sebagai bentuk upayamanusia untuk mengungkapkan gagasannya melalui bahasa yang lahir dari perasaan danpemikiran. Secara morfologis, kesusastraan di bentuk dari dua kata, yaitu su dan sastradengan mendapat imbuhan ke- dan an peranannya adalah sebagai imbuhan yang mempunyai gagasan utama yang ada dalam kesastraan, Seni sastra adalah proses kreatif menciptakan karya seni dengan bahasa yang baik seperti puisi,cerpen/novel, atau drama.7.

-          Menjelaskan hubungan sastra dan seni dengan ilmu budaya dasar
Karya sastra dasar adalah sebagai alat komunikasi antara sastrawan dan masyarakatpembacanya. Karya sastra selalu berisi pemikiran, gagasan, kisahan, dan amanat yang dikomunikasikan kepada pembaca. Untuk menagkap ini, pembaca harusmampu mengapresiasikannya.Pengetahuan tentang pengertian sastra belum lengkap bila belum tahu manfaatnya. Horatiusmengatakan bahwa manfaat sastra itu berguna dan menyenangkan. Secara lebih jelas

Opini: yang 1 dan ke 2 sama sama untuk membikin suatu kreatifitas secara real.

3.2  IBD yang dihubungkan dengan prosa
-          Menjelaskan pengertian prosa
Prosa lama adalah prosa yang ceritanya bersifat hayalan yang mempunyai imajinasi yang membuat cerita itu lebih menarik
Contohnya:
·         Dongeng
·         Hikayat
·         Sejarah
·         Epos
Prosa baru adalah prosa yang sifatnya bisa dari pengalaman sendiri (kisah) yang dapat dituangkan kedalam suatu cerita atau data pribadi yang di buat dalam suatu karangan perceritaan
Contohnya:
·         Cerita pendek
·         Roman/novel
·         Biografi
·         Kisah

Opini: menurut saya prosa adalah suatu hal yang memiliki imajinasi untuk suatu karangan yang dapat dipelajari oleh mahasiswa (pelajar) lainnya untuk menambah wawasan dalam suatu bahasa yang baik,sopan dan benar.

3.3  nilai nilai dalam prosa fiksi
-          pengertian prosa fiksi
Prosa Fiksi adalah suatu karangan yang tidak terikat dengan kaidah di dalam puisi.

-          Nilai nilai dalam prosa fiksi
·        Prosa Fiksi memberikan kesenangan
·        Prosa Fiksi memberikan Informasi
·        Prosa Fiksi memberikan warisan cultural
·        Prosa memberikan keseimbangan wawasan

-          2 karya sastra
Karya Sastra dibedakan menjadi 2 ,yaitu :
1.    Karya sastra yang menyuarakan aspirasi zamannya mengajak pembaca untuk mengikuti apa yang dikehendaki zamannya.
2.    Karya Sastra yang menyuarakan gejolak zamannya,tidak mengajak pembaca melakukan sesuatu tetapi untuk merenung.

-          Menuliskan 1 contoh prosa

Legenda Batu Menangis
Di sebuah bukit yang jauh dari desa, di daerah Kalimantan, hiduplah seorang janda miskin dan anak perempuannnya. Anak gadis janda itu sangat cantik jelita. Namun sayang, dia memiliki perangai yang buruk. Gadis itu amat malas, tidak pernah membantu ibunya bekerja. Kerjanya hanya bersolek setiap hari.
Suatu hari, anak gadis itu diajak ibunya turun ke desa untuk berbelanja. Letak pasar desa itu amat jauh sehingga mereka harus menempuh perjalanan yang jauh. Anak gadis itu berjalan melenggang dengan dengan memakai pakaian yang bagus  dan bersolek agar dikagumi kecantiknnya. Sementara, ibunya berjalan di belakangnya sambil membawa keranjang dengan memakai pakaian yang dekil. Karena mereka hidup ditempat yang terpencil, maka tak seorang pun tahu bahwa kedua perempuan yang berjalan itu adalah ibu dan anak.
Ketika mulai memasuki desa, orang-orang desa memandangi mereka. Orang – orang terpesona melihat kecantikan anak gadis itu, terutama pemuda desa. Namun, saat melihat orang yang berjalan di belakang anak itu, sungguh kontras keadaannya. Hal ini membuat orang bertanya-tanya.
Diantara orang yag melihat itu, seorang pemuda mendekati dan bertanya kepada gadis itu.
” Hai, gadis cantik. Apakah yang berjalan di belakangmu itu ibumu?”
Namun apa jawaban gadis itu?
“Bukan, “katanya angkuh.” Ia adalah pembantuku.”
   Kedua ibu dan anak itu kemudian meneruskan perjalanan. Tak seberapa 
   jauh, mendekat lagi seorang pemudadan bertanya kepada gadis itu.
  ”Bukan, bukan.”jawab gadis itu dengan mendongakkan kepalanya. ” Ia
   adalah budakku.”
   Begitulah setiap ada seseorang yang menanyakan perihal ibunya, selalu   
   jawabannya begitu. Pada mulanya mendengar jawaban putrinya yang   
   durhaka itu, si ibu masih bisa menahan diri. Namun setelah berulang kali   
   didengarnya jawaban yang sama, akhirnya si ibu yang malang itu tidak  
   dapat menahan diri. Si ibu berdoa :
   ”Ya Tuhan, hamba tak kuat menahan hinaan ini. Anak kandung hamba tega  
    memperlakukan hamba seperti ini. Ya Tuhan, hukumlah anak hamba!  
    Hukumlah ....”
    Atas kuasa Tuhan, perlahan-lahan tubuh gadis durhaka itu berubah  
    menjadi batu. Perubahan itu dimulai dari kaki. Ketika perubahan itu telah
    mencapai setengah badan, anak gadis itu menangis dan memohon ampun  
    kepada ibunya.
    ”Oh, Ibu.Ibu Ampuni saya, ampunilah kedurhakaan anakamu selama ini.   
    Ibu...Ibu...Ampuni anakmu.”
   Anak gadis itu terus meratap dan menangis memohon kepada ibunya. Akan   
   tetapi semua telah terlambat. Seluruh tubuh gadis itu akhirnya berubah  
   menjadi batu. Sekalipun menjadi batu, namun orang dapat melihat bahwa
   kedua matanya masih menitikkan air mata., seperti sedang menagis.
Sumber  : Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara: Pustaka Agung Harapan

3.4  IBD yang dihubungkan dengan puisi

·        Puisi
Puisi adalah bentuk ekspresi atau ungkapan jiwa secara tidak langsung yang di tuangkan dalam bentuk bait- bait puisi.
Contoh puisi

MAMA

Dibalik senyuman manismu
Adanya kepahitan yang kau rasakan
Tawa yang menutupi sedihmu
Bahagia dibalik air mata yang tercurah

Mama maafkan aku
Maafkan semua kesalahanku
Yang telah menyakiti hati dan perasaanmu
Yang telah mengecewakanmu dan menyusahkanmu

Oh mama...
Aku kan berusaha menjadi apa yang kau minta
Kasih dan sayangmu sangatlah tulus
Kau takkan tergantikan dihatiku

Oh mama...
Ketahuilah hingga maut datang
Keselalu ada dilubuk hatiku
Yang sayang padamu


-          Kreativitas penyair dalam membangun puisinya
o   Figura Bahasa (Figurative Languange) seperti gaya personifikasi, metafora , hiperbola,perbandingan , alegori, sehingga puisi menjadi segar, hidup, menarik dan memberikan gambaran suatu angan- angan.
o   Kata- kata yang ambiquitas yaitu kata- kata yang bermakna ganda / tafsir.
o   Kata – kata yang berjiwa yaitu kata – kata yang sudah di beri suasana tertentu, berisi pengalaman dan perasaan jiwa penyair.
o   Kata- kata konotatif yaitu kata- kata yang sudah diberi tambahan nilai- nilai rasa dan asosiasi tertentu.
o   Pengulangan yang berfungsi untuk mengintensifkan hal- hal yang dilukiskan sehingga lebih menggugah hati.

-          Alasan alasan penyair mendasari puisi dalam IBD
o   Hubungan Puisi dengan pengalaman hidup manusia
o   Puisi dan Kesadaran Individual
o   Puisi dan Kesadaran Sosial

Contoh kasus: setiap penyair mengetahui dasar dasar dalam puisi itu sendiri dalam pembuatan puisi penyair harus mengetahui berapa bait bait dalam puisi yang ingin di buatnya dan memakai majas apa saja yang diperlukan dalam setiap pembuatan puisi itu sendiri serta memakai kata kata yang baik,sopan serta menarik perhatian pembaca untuk membuat kreativitasnya dalam menulis puisi.


DAFTAR PUSTAKA

Dr.Elly M.Setiadi,M.Si, Drs. H.Kama A. Hakam M.Pd, dan Drs. Ridwan Effendi, M.Ed(2000) .Ilmu Budaya dan dasar edisi kedua.Kencana Media Group.
Drs.Joko Tri Prasetya,dkk (2011).Ilmu Budaya Dasar.PT. Asdi Mahasatya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar