Myhafiezers
Read more: http://myhafiezers.blogspot.com/2012/05/cara-membuat-efek-hujan-di-blog.html#ixzz28L2z92pC

Universitas Gunadarma

Selasa, 22 Januari 2013

Minggu ke 9 bab 8 Manusia dan pandangan hidup


NAMA             : Amalia Ananda Putri
NPM                : 10212676
KELAS            :1EA17

Tugas 3 >Tulisan
Minggu ke-9
BAB 8 MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP

8.1 Pengertian pandangan hidup dan ideologi
      - menjelaskan pengertian pandangan hidup
Setiap manusia mempunyai pandangan hidup pandangan hidup itu adalah bersifat kodrat, sehingga pandangan hidup dapat di artikan sebagai pemikiran suatu pertimbangan untuk dimasa masa kehidupan nyata, atau petunjuk untuk hidup di dunia sebagai pedoman atau arahan. Pendapat atau pertimbangan terdiri dari hasil pemikiran yang berdasarkan pengalaman yang dialaminya sehingga terjadinya pandangan hidup itu sendiri
-       Menyebutkan macam macam sumber pandangan hidup
Pandangan hidup yang berasal dari agama itu bersifat mutlak dan kebenarannya tidak dapat diragukan lagi
Pandangan hidup yang berasal dari ideologi itu bersifat kebudayaan dan norma yang telah disesuaikan atas peraturan dan undang undang yang sah
Pandangan hidup yang berasal dari renungan itu bersifat dari hati yang biasanya dapat diwujudkan kebenarannya
http://angga12casidy.files.wordpress.com/2011/03/c.jpeg?w=287&h=183
-       Menjelaskan pandangan hidup muslim
Pandangan hidup Islam dicanangkan oleh Nabi di Makkah melalui penyampaian wahyu Allah dengan cara-cara yang khas. Setiap kali Nabi menerima wahyu yang berupa ayat-ayat al-Qur’an, beliau menjelaskan dan menyebarkannya kemasyarakat. Cara-cara seperti ini tidak sama dengan cara-cara yang ada pada scientific worldview,dan oleh sebab itu Prof.Alparslan menamakan worldview Islam sebaai ‘quasi-scientific worldview’. Penjelasan lebih detail tentang pandangan hidup Islam akan dilakukan kemudian.
Proses pembentukan pandangan hidup melalui penyebaran ilmu pengetahuan diatas akan lebih jelas lagi jika kita lihat dari proses pembentukan elemen-elemen pokok yang merupakan bagian dari struktur pandangan hidup itu serta fungsi didalamnya. Seperti yang dijelaskan diatas bahwa pandangan hidup dibentuk oleh jaringan berfikir (mental network) yang berupa keseluruhan yang saling berhubugan (architectonic whole).
Namun, ia tidak merepresentasikan suatu totalitas konsep dalam pikiran kita. Ketika akal seseorang menerima pengetahuan terjadi proses seleksi yang alami, dimana pengetahuan tertentu diterima dan pengetahuan yang lain ditolak. Pengetahuan yang diterima oleh akal kita akan menjadi bagian dari struktur worldview yang dimilikinya.
Meskipun pengetahuan yang diterima oleh akal manusia itu bersifat acak, namun ia akan terstruktur dengan sendirinya dalam pikiran manusia. Dari konsep-konsep yang ada dalam diri manusia maka kita dapat menyusun kedalam beberapa struktur konsep. Professor Alparslan mengkategorikan struktur pandangan hidup menjadi lima:

1) Struktur tentang kehidupan,
2) Struktur tentang dunia,
3) Struktur tentang manusia,
4) Struktur tentang nilai dan
5) strutktur tentang pengetahuan.
Proses terbentuknya struktur konsep dalam worldview ini bermula dari struktur tentang kehidupan, yang didalamnya termasuk cara-cara manusia menjalani kegiatan kehidupan sehari-hari, sikap-sikap individual dan sosialnya, dan sebagainya. Struktur tentang dunia adalah konsepsi tentang dunia dimana manusia hidup. Struktur tentang ilmu pengetahuan adalah merupakan pengembangan dari struktur dunia (dalam transparent worldview).
Gabungan dari struktur kehidupan, dunia dan pengetahuan ini melahirkan struktur nilai, dimana konsep-konsep tentang moralitas berkembang. Setelah keempat struktur itu terbentuk dalam pandangan hidup seseorang secara transparent, maka struktur tentang manusia akan terbentuk secara otomatis.
Meskipun proses akumulasi kelima struktur diatas dalam pikiran seseorang tidak selalu berurutan seperti yang disebut diatas, tapi yang penting kelima struktur itu pada akhirnya menjadi suatu kesatuan konsepsi dan berfungsi tidak saja sebagai kerangka umum (general scheme) dalam memahami segala sesuatu termasuk diri kita sendiri, tapi juga mendominasi cara berfikir kita. Disini dalam konteks lahirnya ilmu pengetahuan di masyarakat, struktur ilmu pengetahuan merupakan asas utama dalam memahami segala sesuatu. Ini berarti bahwa teori atau konsep apapun yang dihasilkan oleh seseorang dengan pandangan hidup tertentu akan merupakan refleksi dari struktur-struktur diatas.
http://angga12casidy.files.wordpress.com/2011/03/d.jpeg?w=108&h=150

      -- Menjelaskan pengertian ideologi
Pengertian ideologi adalah gabungan antara pandangan hidup yang merupakan nilai nilai yang telah mengkristal dari suatu bangsa serta dasar negara yang memiliki nilai nilai falsafah yang menjadi pedoman hidup suatu bangsa selain itu, ideologi adalah merupakan hasil reflesi manusia berkat kemampuannya mengadakan distansi terhadap kehidupan dunianya. Maka terdapat suatu yang bersifat dialektis antara ideologi dengan masyarakat yang ada di negara bersangkutan atau dapat diartikan ideologi berasal dari kata idea ( inggris ) yg berarti gagasan, dan oida berasal dari (yunani) yg berarti mengetahui,melihat dengan budi.serta kata logi yg berasal dari yunani (LOGOS) yg artinya pengetahuan.
Jadi Ideologi merupakan Pengetahuan tentang gagasan gagasan tentang ide-ide ,sciense of ideas atau juga ajaran tentang pengertian pengertian dasar.
.
Ada beberapa istilah ideology menurut beberapa para ahli yaitu:
a. Destut De Traacy :istilah ideology pertama kali dikemukakan oleh destut de Tracy tahun 1796 yang berarti suatu program yang diharapkan dapat membawa suatu perubahan institusional dalam masyarakat Perancis.
b. Ramlan Surbakti membagi dalam dua pengertian yakni :
1. Ideologi secara fungsional : seperangkat gagasan tentang kebaikan bersama atau tentang masyarakat dan Negara yag dianggap paling baik.
2. Ideologi secara structural : suatu system pembenaran seperti gagasan dan formula politik atas setiap kebijakan dan tindakan yang diambil oleh penguasa
. http://angga12casidy.files.wordpress.com/2011/03/a1.jpeg?w=265&h=192


-       Menyebutkan 2 hak ideologi
v  Ideologi hukum
v  Ideologi politik

Contoh kasus : setelah data yang sudah ada dapat disimpulkan bahwa pandangan hidup dan ideologi itu suatu pengalaman hidup yang telah dialami seseorang dapat menjadi pembelajaran didalam perjalanan untuk dikehidupan selanjutnya dan pertimbangan untuk selalu berhati hati dalam mengambil suatu keputusan dan tidak beresiko didalam berjalannya kehidupan. Macam pandangan hidup dapat dilihat dari segala undang undang yang telah dibuat untuk selalu dipatuhi dan menjadikan peraturan itu sebagai kebenaran yang sudah diteliti, tidak dapat diragukan lagi.
Pandangan hidup muslim dapat dilihat dari pedoman cara seseorang menyembah allah dan taat pada semua yang ia minta, selanjutnya ia meninggalkan semua yang allah larang didalam al – qur’an nya.

8.2 Cita cita
-       Menjelaskan pengertian tentang cita cita

Menurut kamus umum Bahasa Indonesia, yang disebut cita-cita adalah keinginan, harapan, tujuan yang selalu ada dalam pikiran. Baik keinginan, harapan, maupun tujuan merupakan apa yang mau diperoleh seseorang pada masa mendatang.
Apabila cita-cita itu tidak mungkin atau belum mungkin terpenuhi, maka cita-cita itu disebut angan-angan.
Antara masa sekarang yang merupakan realita dengan masa yang akan datang sebagai ide atau cita-cita terdapat jarak waktu. Dapatkah seseorang mencapai apa yang dicita-citakan.
Apabila cita cita itu sudah tercapai cita cita itu hanya sebagai butiran butiran debu dan semua yang diinginkan sudah tercapai semua jadi cita cita itu tidak ada karena semua yang sudah diinginkan sudah tercapai semua.cita cita bagai langit yang indah yang selalu ingin digapai sama semua orang apabila kita sudah dilangit terlihat awan yang terlintas dibenak seperti kapas tapi tidak bisa di gapai, cita cita harus digapai bagaimana cara menggapainya ya ittu semua terserah pada diri masing masing semua orang menggapainya dengan cara berbeda beda cita cita juga tidak hanya ilmu pelajaran di sekolah seperti ipa ips ipa itu kimia,fisika,dll ips itu ekonomi,akuntansi,sosiologi,dll tetapi mempunyai ilmu yang lain seperti musik,mempunyai penguasaan dibidang tanaman, dll itu juga bisa cita cita ilmu yang dimiliki tidak hanya yang formal tetapi harus mempunyai ilmu yang non formal

-       Menuliskan 1 contoh cita cita
Ada tiga faktor.
·         Faktor manusia
·         Faktor kondisi
·         Faktor tingginya cita-cita

Ø  Contoh cita-cita factor kondisi:
mira dan yuni adalah dua anak pandai dalam satu kelas, keduanya bercita-cita menjadi sarjana. mira anak orang yang cukup kaya, sehingga dalam mencapai cita-citanya tidak mengalami hambatan. bahkan dapat dikatakan bahwa kondisi ekonomi orang tuanya merupakan faktor yang menguntungkan atau memudahkan mencapai cita-cita si mira. Sebaliknya dengan yuni yang orang tuanya mempunyai ekonomi yang lemah, menyebabkan ia tidak mampu mencapai cita-citanya sehingga yuni harus berhenti untuk mencapi cita citanya karena kritis. Ekonomi yang orang tua yuni miliki yang kurang pada pendapatannya merupakan hambatan bagi yuni dalam mencapai cita-citanya.

Contoh kasus: pada data yang sudah ada dapat disimpulkan bahwa cita cita adalah segala sesuatu yang dimulai dari mimpi mimpi adalah salah satu dampak positif untuk selalu ingin sesuatu yang di pikirkan dapat terwujud tidak hanya mimpi saja tetapi seseorang dapat berhasil meraih cita citanya dengan berdoa,berusaha,mendekat sama sang pencipta alam semesta dan seseorang yang memotivasi dari belakang yaitu teman dekat,sahabat,orang tua,pacar,teman pacar ,dll tetapi kalau segala sesuatu yang diatas sudah kita kerjakan tidak dapat meraih cita citanya berarti kita kurang beruntung atau kita diminta lebih sabar lagi dalam sesuatu yang ingin kita wujudkan (impikan)

8.3 kebajikan
-       Menjelaskan pengertian kebajikan
Kebajikan atau kebaikan atau perbuatan yang mendatangkan kebaikan pada hakekatnya sama dengan perbuatan moral, perbuatan yang sesuai dengan norma-norma agama dan etika.
Makna kebajikan
Manusia berbuat baik, karena menurut kodratnya manusia itu baik, mahluk bermoral. Atas dorongan suara hatinya manusia cenderung berbuat baik
Manusia adalah seorang pribadi yang utuh yang terdiri atas jiwa dan badan.
Manusia merupakan mahluk sosial: manusia hidup bermasyarakat, manusia saling membutuhkan, saling menolong, saling menghargai sesama anggota masyarakat. Sebaliknya pula saling mencurigai, saling membenci, saling merugikan, dan sebagainya.
Sebagai mahluk pribadi, manusia dapat menentukan sendiri apa yang baik dan apa yang buruk. Baik buruk itu ditentukan oleh suara hati. Suara hati adalah semacam bisikan di dalam hati yang mendesak seseorang, untuk menimbang dan menentukan baik buruknya suatu perbuatan, tindakan atau tingkah laku.
Faktor-faktor yang menentukan tingkah laku setiap orang ada tiga hal:
Pertama faktor pembawaan (heriditas) yang telah ditentukan pada waktu seseorang masih dalam kandungan.
Faktor kedua yang menentukan tingkah laku seseorang adalah lingkungan (environ¬ment).
Faktor ketiga yang menentukan tingkah laku seseorang adalah pengalaman yang khas yang pemah diperoleh memasuki kedalam kehidupannya baik itu berupa senang maupun yang pahit sekali pun oleh karena itu pengalaman adalah salah satu perbuatan yang berdasarkan atau diawali dengan mencoba atau nekad yang bisa dijadikan kisah unik didalm hidupnya semua manusia.

-       http://angga12casidy.files.wordpress.com/2011/03/h.jpeg?w=177&h=150

Contoh kasus: semua makhluk yang diciptakan oleh allah di dunia ini sama tidak lebih dan tidak kurang yang membedakan dirinya dengan diri orang lain hanya satu keimanan,keikhlasan, dan kesabaran seseorang manusia diciptakan juga sebagai makhluk sosial karena manusia tidak dapat hidup sendiri didunia itu masih membutuhkan pertolongan orang lain yang lebih bisa membantunya manusia juga dilahirkan dengan ke2 mata yang sempurna untuk melihat indahnya ciptaan allah yang begitu dashyat indahnya dunia seperti laut,bulan,bintang,dll. Dan pengalaman yang dialami setiap manusia itu berbeda dan unik di dalam kehidupan nyata setiap masing masing manusia
-       Menjelaskan makna kebajikan
Manusia berbuat baik, karena pada dasarnya semua manusia diciptakan baik bukan di ciptakan sebagai penjahat manusia juga mempunyai moral. Atas dorongan  hati nuraninya itu sendiri sehingga manusia cenderung berbuat baik
Manusia adalah seorang sosok pribadi yang utuh yang terdiri atas jiwa dan badan yang sempurna.
Manusia merupakan mahluk sosial yang tidak bisa berdiri atau hidup sendiri,: manusia hidup bermasyarakat karena manusia membutuhkan sosok teman dalam kehidupannya atau mengisi kosong hari harinya , manusia saling membutuhkan, saling menolong karena memang butuh pertolongan orang lain juga ketika sedang menghadapi kesulitan, saling menghargai sesama anggota masyarakat karena sejak lahir sudah diajarkan oleh kedua orang tua diajak saling menghargai satu sama lain. Sebaliknya pula saling mencurigai karena manusia makhluk yang tidak sempurna yang kadang khilaf yang membuat seseorang atau orang lain curiga atas apa yang ia lakukan, saling membenci karena manusia tidak selamanya akur terus yang terkadang mempunyai masalah pribadinya masing masing, saling merugikan karena manusia mempunyai sifat egois yang berarti hanya saya yang boleh untung misal didalam persaingan bisnis rumah makan yang bekerja sama si A dan si B si A selalu tidak mempunyai pelanggan di dalam rumah makannya dan si B laris manis setiap baru buka jam 7 jam set 8 makanannya sudah habis terjual semua dan si A kesal dan akhirnya kedukun atau membuat onar didalm rumah makan si B ntah itu makananya dikasih jarum semuua apa dikasih paku semua untuk menjatuhkan satu sama lain, dan sebagainya.
Contoh kasus: belajarlah saling menghargai sesama manusia karena manusia memiliki kelebihan masing masing yang tidak boleh di HINA manusia tidak luput dari kesalahan manusia selalu diciptakan baik dari lahir tidak ada bayi yang baru lahir berpikir untuk menyakiti bayi yang lain yang baru lahir juga, manusia juga memiliki egois tetapi ia juga masih mempunyai hati untuk menolong karena ia memiliki hati nurani dan moral.
-       Menyebutkan faktor faktor yang mnentukan tingkah laku seseorang
Faktor-faktor yang menentukan tingkah laku setiap orang ada tiga hal:

  Pertama faktor pembawaan (heriditas) yang telah ditentukan pada waktu seseorang masih dalam kandungan.yang sifatnya tidak jauh jauh dari kedua orang tuanya yang selalu baik dan dilahirkan dengan baik juga sifatnya.
Kedua faktor yang menentukan tingkah laku seseorang adalah lingkungan (environ¬ment). Lingkungan yang baik akan memberikan hal positif pada keadaaan diri kita sendiri maupun sebaliknya lingkungan yang kurang mendukung atau lingkungan yang tidak baik pergaulannya akan membawa hal negatif didalam diri seseorang misalnya seseorang tinggal,hidup dari kecil di lingkungan orang orang yang selalu memakai Narkoba otomatis orang yang nimbrung atau sepergaulan dengan orang pemakai narkoba itu si orang yang nimbrung akan memakai narkoba juga karena sudah terpengaruh oeh lingkungan sekitar.
Ketiga faktor yang menentukan tingkah laku seseorang adalah pengalaman yang khas dalam diri seseorang itu sendiri yang pemah diperoleh dalam kehidupan nyataya, sehingga pengalaman itu akan selalu eringat sampai apan pun karena pengalaman baik,lucu,memalukan,ghebohkan,dll itu engalaman pribadi yang unik yang dapat tertawa didalam kesepian yang berjalannya waktu
Contoh kasus: ketiga faktor diatas dapat digunakan dalam faktor faktor tingkah laku seseorang melewati faktor lingkungan atau faktor alam yang tidak dapat diabaikan karena faktor ini adalah faktor sahabat yang selalu ada dan hilang begitu saja faktor pengalaman juga dapat diartikan sebagai faktor yang selalu diingat kerena faktornya unik yang tidak bikin membosankan bisa diingat dan bisa berbagi pengalaman kepada orang orang yang ada disekitar kita baik pengalaman belajar,pengalaman menanam pohon supaya tidak mudah mati atau tumbang atau ber ulat pada pohonnya jadi inti dalam ketiga faktor ini adalah faktor yang selalu ada didalam diri manusia yang dibutuhkan dan tidak bisa di tinggalkan begitu saja.
8.4 usaha atau perjuangan
-       Menjelaskan pengertian usaha atau perjuangan
Usaha dan perjuangan adalah suatu inti yang tidak berbeda jauh atau sama yang dapat diartikan sebagai suatu kerja keras untuk mendapatkan segala sesuatu yang inginkan oleh orang itu atau semua orang dengan gaya dan cara yang berbeda.misalnya Rita seorang guru kesenian di Sekolah Dasar (SD) yang bertempat diluar ibukota jakarta yang mempunyai 8 anak yang harus bersekolah demi menutupi kebutuhan hidupnya Rita rela berusaha atau berjuang mati matian demi membeli kebutuhan pokok seperti beras,telur,mie,deterjen,dll dan ia juga harus membayar uang sekolah anak anaknya dari yang 1-8 yang rata rata berusia sma,smp,sd,tk kemudia Rita berusaha menjual makanan ringan pada pagi hari , siangnya mengajar di SD lalu malamnya ia berjualan pakaian dan assesoris lainnya Tanpa usaha/perjuangan, manusia tidak dapat hidup sempuma. Apabila manusia bercita-cita menjadi kaya, ia hams kerja keras. Apabila seseorang bercita-cita menjadi ilmuwan, ia hams rajin belajar dan tekun serta memenuh semua ketentuan akademik.
Kerja keras itu dapat dilakukan dengan otak/ilmu maupun dengan tenaga/jasmani, atau dengan kedua-duanya.
Untuk bekerja keras manusia dibatasi oleh kemampuan. Karena kemampuan terbatas itulah timbul perbedaan tingkat kemakmuran antara manusia satu dan manusia lainnya . Kemampuan itu terbatas pada fisik dan keahlian/ketrampilan.usaha juga harus dibarengi dengan mendekat nya seseorang itu kepada tuhannya dan dibarengi dengan kesabaran insyallah akan terwujud amin atau Usaha atau perjuangan adalah kerja keras untuk mewujudkan cita – cita. Setiap manusia harus bekerja keras untuk kelanjutan hidupnya. Sebagian hidup manusia adalah usaha/perjuangan. Perjuangan untuk hidup ini sudah kodrat manusia. Tanpa usaha/perjuangan, manusia tidak dapat sempurna. Apabila manusia bercita – cita menjadi kaya, ia harus kerja keras. Apabila manusia bercita – cita menjadi ilmuwan, ia harus rajin belajar dengan tekun serta memenuhi semua ketentuan akademik.
Kerja keras itu dapat dilakukan dengan otak / ilmu maupun dengan tenaga / jasmani, atau dengan kedua – duanya. Para Ilmuwan lebih banyak bekerja keras dengan otak/pikirannya daripada tenaga/ jasmaninya. Sebaliknya para buruh, petani lebih banyak menggunakan jasmani dari pada otaknya. Para tukang dan para ahli lebih banyak menggunakan kedua-duanya otak dan jasmani dari pada salah satunya. Para politikus lebih banyak kerja otak dari pada jasmani, sebaliknya prajurit lebih banyak kerja jasmani dari pada otak.
Kerja keras pada dasarnya menghargai dan meningkatkan harkat dan martabat manusia. Sebaliknya pemalas membuat manusia miskin, melarat, dan berarti menjatuhkan harkat dan martabatnya sendiri.karena itu tidak boleh bermalas-malas, bersatai-santai dalam hidup ini. Santai dan istirahat ada waktunya dan manusia mengatur waktunya itu.
Dalam agamapun diperintahkan untuk kerja keras, sebagaimana hadist yang diucapkan Nabi Besar Muhammad S.A.W yang ditunjuk kepada para pengikutnya “Bekerjalah kamu seakan-akan kamu hidup selama-lamanya, dan beribadahlah kamu seakan-akan kamu akan mati besok”.
Untuk kerja keras manusia dibatasi oleh kemampuan. Karena kemampuan terbatas itulah timbul perbedaan tingkat kemakmuran antara manusia satu dan manusia lainnya. Kemampuan itu terbatas pada fisik dan keahlian / ketrampilan. Orang bekerja dengan fisik lemah memperoleh hasil sedikit, ketrampilan akan memperoleh penghasilan lebih banyak jika dibandingkan dengan orang yang tidak mempunyai ketrampilan / keahlian. Karena itu mencari ilmu dan keahlian / ketrampilan itu suatu keharusan, Sebagaimana dinyatakan dalam ungkapan sastra “Tuntutlah ilmu dari buaian sampai liang lahat” dalam pendidikan dikatakan sebagai “Long life education”.
Karena manusia itu mempunyai rasa kebersamaan dan belas kasihan (cinta kasih) antara sesama manusia, maka ketidak mampuan akan kemampuan terbatas yang menimbulkan perbedaan tingkat kemakmuran itu dapat diatasi bersama-sama secara tolong menolong, bergotong royong. Apabila sistem ini diangkat ketingkat organisasi negara, maka negara akan mengatur usaha / perjuangan warga negaranya sedemian rupa, sehingga perbedaan tingkat kemakmuran antara sesama warga negara dapat dihilangkan atau tidak terlalu mencolok. Keadaan ini dapat dikaji melalui pandangan hidu /idiologi yang dianut oleh suatu negara.

-       Menuliskan 1 ayat al – qur’an tentang usah atau perjuangan
Sebagaimana hadist yang diucapkan Nabi Besar Muhannad S.A.W. yang ditunjukkan kepada para pengikutnya : “Bekerjalah kamu seakan-akan kamu hidup selama-lamanya, dan beribadahlah kamu seakan-akan kamu akan mati bersok”. Allah berfirman dalam Al-Quran surat Ar-Ra’du ayat 11 : “Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum, kecuali jika mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri”.
Contoh kasus: segala sesuatu yang ada harus berjuang dan berusaha semampu dan semaksimal mungkin untuk hidup yang lebih baik dan sesuatu yang dimulai dari hati akan menghasilkan hal yang baik juga percayalah mengubah nasib adalah dari usaha dan perjuangan kita sendiri dalam merubah hidup yang lebih kaya kaya yang dimaksud adalah kaya harta,kaya iman, kaya hati,kaya perbuatan baik, dll
8.5 keyakinan dan kepercayaan
-       Menyebutkan 3 aliran filsafat
1. Aliran Naturalisme yaitu hidup manusia dihubungkan dengan kekuaan gaib.
2. Aliran Intelektualisme yaitu berdsarkan logika atau akal.
3. Aliran gabungan yaitu kekuatan gaib dan juga akal.
Keyakinan/kepercayaan yang menjadi dasar pandangan hidup berasal dari akal atau kekuasaan Tuhan. Menurut Prof.Dr.Harun Nasution, ada 3 aliran filsafat yaitu
aliran naturalisme; hidup manusia itu dihubungkan dengan kekuatan gaib yang merupakan kekuatan tertinggi. Kekuatan gaib itu dari nature, dan itu dari Tuhan. Tetapi yang tidak percaya pada Tuhan, nature itulah yang tertinggi. Aliran naturalisme berisikan spekulasi mungkin ada Tuhan mungkin juga tidak ada
aliran intelektualisme; dasar aliran ini adalah logika/akal. Manusia mengutamakan akal. Dengan akal manusia berpikir, mana yang benar menurut akal itulah yang baik, walaupun bertentangan dengan kekuatan hati nurani. Manusia yakin bahwa dengan kekuatan piker (akal) kebajikan itu dapat dicapai dengan sukses. Dengan akal diciptakan teknologi, teknologi adalah alat Bantu mencapai kebajikan yang maksimal, walaupun mungkin teknologi memberi akibat yang bertentangan dengan akal. Apabila aliran ini dihubungkan dengan pandangan hidup, maka keyakinan manusia itu bermula dari akal. Jadi pandangan hidup ini dilandasi oleh keyakinan kebenaran yang diterima akal.Benar menurut akal itulah yang baik. Manusia yakin bahwa kebajikan hanya dapat diperoleh dengan akal (ilmu dan teknologi). Pandangan hidup ini disebut liberalisme. Kebebasan akal menimbulkan kebebasan bertingkah laku dan berbuat, walaupun tingkah lakudan perbuatannya itu bertentangan dengan hati nurani. Kebebasan akal lebih ditekankan pada setiap individu. Karena itu individu yang berakal (berilmu dan berteknologi) dapat menguasai individu yang berpikir rendah (bodoh)
aliran gabungan. Dasar aliran ini idalah kekuatan gaib dan juga akal. Kekuatan gaib artinya kekuatan yang berasal dari Tuhan, percaya adanya Tuhan sebagai dasar keyakinan. Sedangkan akal adalah dasar kebudayaan, yang menentukan benar tidaknya sesuatu. Segala sesuatu dinilai dengan akal, baik sebagai logika berpikir maupun sebagai rasa (hati nurani). Jadi apa yang benar menurut logika berpikir juga dapat diterima oleh hati nurani. Apabial aliran ini dihubungkan dengan pandangan hidup, maka akan timbil dua kemungkinan pandangan hidup. Apabila keyakinan lebih berat didasarkan pada logika berpikir, sedangkan hati nurani dinomorduakan, kekuatan gaib dari Tuhan diakui adanya tetapi tidak menentukan, dan logika berpikir tidak ditekankan pada logika berpikir individu, melainkan logika berpikir kolektif (masyarakat), pandangan hidup ini disebut sosialisme. Apabila dasar keyakinan itu kekuatan gaib dari Tuhan dan akal, kedua-duanya mendasari keyakinan secara berimbang, akan dalam arti baik sebagia logika berpikir maupun sebagai daya rasa (hati nurani), logika berpikir baik secara individual maupun secara kolektif panangan hidup ini disebut sosialisme-religius. Kebajikan yang dikehendaki adalah kebajikan menurut logika berpikir dan dapat diterima oleh hati nurani, semuanya itu berkat karunia Tuhan.

Sumber : Buku IBD, Penerbit Gunadarma.

8.6 langkah langkah hidup yang baik
SOICHIRO HONDA : "Lihat Kegagalan Saya"
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjgbEeADQlFbe7oEguq4-Lp37r5yUdhjI-D2TBWzmRVEED8Pl_VtUSk9JYq_B74Ki7_HjP5ngkNaFFw6DUH3EiAp8SK9tzSiI8UJ-LjZXwAkt8pnSi0KlZ1YB48RLvkQHzGUnBHc5kpzk4/s320/honda.jpg


Saat merintis bisnisnya Soichiro Honda selalu diliputi kegagalan. Ia
sempat jatuh sakit, kehabisan uang, dikeluarkan dari kuliah. Namun ia
terus bermimpi dan bermimpi...

Cobalah amati kendaraan yang melintasi jalan raya. Pasti, mata Anda
selalu terbentur pada Honda, baik berupa mobil maupun motor.
Merk kendaran ini menyesaki padatnya lalu lintas, sehingga
layak dijuluki "raja jalanan".

Namun, pernahkah Anda tahu, sang pendiri "kerajaan" Honda - Soichiro
Honda diliputi kegagalan. Ia juga tidak menyandang gelar insinyur,
lebih-lebih Profesor seperti halnya B.J. Habibie, mantan Presiden RI.
Ia bukan siswa yang memiliki otak cemerlang. Di kelas, duduknya tidak
pernah di depan, selalu menjauh dari pandangan guru.

"Nilaiku jelek di sekolah. Tapi saya tidak bersedih, karena dunia saya
disekitar mesin, motor dan sepeda," tutur tokoh ini, yang meninggal
pada usia 84 tahun, setelah dirawat di RS Juntendo, Tokyo, akibat
mengindap lever.

Kecintaannya kepada mesin, mungkin 'warisan' dari ayahnya yang membuka
bengkel reparasi pertanian, di dusun Kamyo, distrik Shizuko, Jepang
Tengah,ctempat kelahiran Soichiro Honda. Di bengkel, ayahnya memberi
cathut (kakak tua) untuk mencabut paku. Ia juga sering bermain di
tempat penggilingan padi melihat mesin diesel yang menjadi motor
penggeraknya.

Di situ, lelaki kelahiran 17 November 1906, ini dapat berdiam diri
berjam-jam. Di usia 8 tahun, ia mengayuh sepeda sejauh 10 mil, hanya
ingin menyaksikan pesawat terbang.

Ternyata, minatnya pada mesin, tidak sia-sia. Ketika usianya 12 tahun,
Honda berhasil menciptakan sebuah sepeda pancal dengan model rem kaki.
Tapi, benaknya tidak bermimpi menjadi usahawan otomotif. Ia sadar
berasal dari keluarga miskin. Apalagi fisiknya lemah, tidak tampan,
sehingga membuatnya rendah diri.

Di usia 15 tahun, Honda hijrah ke Jepang, bekerja Hart Shokai Company.
Bosnya, Saka Kibara, sangat senang melihat cara kerjanya. Honda teliti
dan cekatan dalam soal mesin. Setiap suara yang mencurigakan, setiap
oli yang bocor, tidak luput dari perhatiannya. Enam tahun bekerja
disitu, menambah wawasannya tentang permesinan. Akhirnya, pada usia 21
tahun, bosnya mengusulkan membuka suatu kantor cabang di Hamamatsu.
Tawaran ini tidak ditampiknya.

Di Hamamatsu prestasi kerjanya tetap membaik. Ia selalu menerima
reparasi yang ditolak oleh bengkel lain. Kerjanya pun cepat
memperbaiki mobil pelanggan sehingga berjalan kembali. Karena itu, jam
kerjanya larut malam, dan terkadang sampai subuh. Otak jeniusnya tetap
kreatif.

Pada zaman itu, jari-jari mobil terbuat dari kayu, hingga tidak baik
meredam goncangan. Ia punya gagasan untuk menggantikan ruji-ruji itu
dengan logam. Hasilnya luarbiasa. Ruji-ruji logamnya laku keras, dan
diekspor ke seluruh dunia. Di usia 30, Honda menandatangani patennya
yang pertama.

Setelah menciptakan ruji, Honda ingin melepaskan diri dari bosnya,
membuat usaha bengkel sendiri. Ia mulai berpikir, spesialis apa yang
dipilih?

Otaknya tertuju kepada pembuatan Ring Pinston, yang dihasilkan oleh
bengkelnya sendiri pada tahun 1938. Sayang, karyanya itu ditolak oleh
Toyota, karena dianggap tidak memenuhi standar. Ring buatannya tidak
lentur, dan tidak laku dijual. Ia ingat reaksi teman-temannya terhadap
kegagalan itu. Mereka menyesalkan dirinya keluar dari bengkel.

Kuliah Karena kegagalan itu, Honda jatuh sakit cukup serius. Dua bulan
kemudian, kesehatannya pulih kembali. Ia kembali memimpin bengkelnya.
Tapi, soal Ring Pinston itu, belum juga ada solusinya. Demi mencari
jawaban, ia kuliah lagi untuk menambah pengetahuannya tentang mesin.
Siang hari, setelah pulang kuliah - pagi hari, ia langsung ke bengkel,
mempraktekan pengetahuan yang baru diperoleh. Setelah dua tahun
menjadi mahasiswa, ia akhirnya dikeluarkan karena jarang mengikuti
kuliah.

"Saya merasa sekarat, karena ketika lapar tidak diberi makan,
melainkan dijejali penjelasan bertele-tele tentang hukum makanan dan
pengaruhnya," ujar Honda, yang gandrung balap mobil. Kepada Rektornya,
ia jelaskan maksudnya kuliah bukan mencari ijasah.

Melainkan pengetahuan. Penjelasan ini justru dianggap penghinaan.

Berkat kerja kerasnya, desain Ring Pinston-nya diterima. Pihak Toyota
memberikan kontrak, sehingga Honda berniat mendirikan pabrik. Eh
malangnya, niatan itu kandas. Jepang, karena siap perang, tidak
memberikan dana. Ia pun tidak kehabisan akal mengumpulkan modal dari
sekelompok orang untuk mendirikan pabrik. Lagi-lagi musibah datang.
Setelah perang meletus, pabriknya terbakar dua kali.

Namun, Honda tidak patah semangat. Ia bergegas mengumpulkan
karyawannya. Mereka diperintahkan mengambil sisa kaleng bensol yang
dibuang oleh kapal Amerika Serikat, digunakan sebagai bahan mendirikan
pabrik. Tanpa diduga, gempa bumi meletus menghancurkan pabriknya,
sehingga diputuskan menjual pabrik Ring Pinstonnya ke Toyota. Setelah
itu, Honda mencoba beberapa usaha lain. Sayang semuanya gagal.

Akhirnya, tahun 1947, setelah perang Jepang kekurangan bensin. Di sini
kondisi ekonomi Jepang porak-poranda. Sampai-sampai Honda tidak dapat
menjual mobilnya untuk membeli makanan bagi keluarganya. Dalam keadaan
terdesak, ia memasang motor kecil pada sepeda. Siapa sangka, "sepeda
motor" cikal bakal lahirnya mobil Honda - itu diminati oleh para
tetangga.

Mereka berbondong-bondong memesan, sehingga Honda kehabisan stok.
Disinilah, Honda kembali mendirikan pabrik motor. Sejak itu,
kesuksesan tak pernah lepas dari tangannya. Motor Honda berikut
mobinya, menjadi "raja" jalanan dunia, termasuk Indonesia.

Bagi Honda, janganlah melihat keberhasilan dalam menggeluti industri
otomotif. Tapi lihatlah kegagalan-kegagalan yang dialaminya. "Orang
melihat kesuksesan saya hanya satu persen. Tapi, mereka tidak melihat
99% kegagalan saya", tuturnya. Ia memberikan petuah ketika Anda
mengalami kegagalan, yaitu mulailah bermimpi, mimpikanlah mimpi baru.

Kisah Honda ini, adalah contoh bahwa Suskes itu bisa diraih seseorang
dengan modal seadanya, tidak pintar di sekolah, ataupun berasal dari
keluarga miskin.

5 Resep keberhasilan Honda :
1. Selalulah berambisi dan berjiwa muda.
2. Hargailah teori yang sehat, temukan gagasan baru, khususkan waktu
memperbaiki produksi.
3. Senangilah pekerjaan Anda dan usahakan buat kondisi kerja Anda
senyaman mungkin.
4. Carilah irama kerja yang lancar dan harmonis.
5. Selalu ingat pentingnya penelitian dan kerja sama.


Contoh kasus: didalam 3 aliran filsafat yaitu dengan adanya kepercayaan terhadap yang berhubungan dengan gaib,logika dan akal sehat yang dimaksud dengan gaib segala sesuatu yang masih percaya pada leluhur,nenek moyang,dll misalnya menyebah dan sambil membawa sesajen untuk ditaruh di kaki pohon atau menaruh garam di pinggir pinggir tembok supaya hantu hantu tidak dapat melewati tembok yang sudah diberi garam tersebut. Yang dimaksud dengan logika adalah segala sesuatu yang dipikirkan orang itu atas omongan orang lain berdasarkan logika contohnya 1+1 adalah 8 loh tapi beda dengan orang orang yang memakai logika mereka pikir sejenak lalu akan berkata oh salah 1+1 ya 2 karena alasannya 1+1 muncul dari kamu punya tangan 1 trus ditambah lagi dengan 1 tangan lagi jadi kamu punya berapa tangan.
Melihat kisah sukses Honda di atas, yang selalu dipenuhi dan mengalami banyak kegagalan pasti kita sangat termotivasi melihat dan membaca kisahnya untuk menjadi seperti sekarang ini. Tetapi mimpi dan usaha serta perjuangannya yang tidak pernah mengenal kata menyerah membuat Honda perlahan dapat menggapai kesuksesannya, meskipun harus berkali – kali jatuh ke lubang kegagalan. Dalam Al – Qur’an pun Allah SWT berfirman Aku tidak akan mengubah nasib suatu kaum, melainkan merekalah sendiri yang akan merubahnya sendiri. Jadi, dilihat dari resep sukses dan perjalanan hidupnya kisah Honda ini sangat inspiratif dan menumbuhkan semangat baru bagi orang yang membaca kisah ini.

-       Menjelaskan pengertian keyakinan atau kepercayaan
Keyakinan adalah segala sesuatu yang telah diajarkan oleh orang orang yang lebih tau misalnya kita sebagai umat muslim harus solat setiap harinya dan 1 hari ada 5x subuh,zuhur,asar,maghrib,isya dan kalau belum bisa membaca al – qur’an sebaiknya diperbanyak solat dulu lalu dalam berjalannya waktu belajar dengan orang yang bisa yang lebih tau. Atau keyakinan harus tetap kepada tuhan yang maha esa
Kepercayaan adalah segala sesuatu yang diomongkan oleh orang tidak di telan begitu saja tetapi orang itu harus berpikir terlebih dahulu dengan apa yang telah orang itu bicarakan atau suatu bentuk nyata dalam kehidupan dimana menjadi berharga dari intan berlian sekalipun yang menunjukan kepercayaan berdasarkan dari hatinya yang bialang kalau yang diucapkan orang itu baik atau buruk.
Contoh kasus: keyakinan itu segala sesuatunya harus diutamakannya yakin bahwa ajaran tuhan itu ada dan tidak dapat diragukan lagi kebenarannya kalau ada seseorang yang tidak mempunyai keyakinan kepada tuhan berarti dia tidak mempunyai agama dan tidak jelas keyakinannya. Kepercayaan berasal dari bisikan hati yang sudah ada didalam setiap diri manusia yang akan memberitahu seseorang kalau ada bahaya atau perasaan tidak enak atas apa yang akan terjadi nantinya.
8.6 langkah langkah berpandangan hidup yang baik
-       Menyebutkan langkah langkah berpandangan hidup yang baik
Langkah-Langkah Berpandangan Hidup Yang Baik
1. Mengenal, suatu kodrat manusia yang merupakan tahap pertama dari setiap aktivitas hidupnya.dalam menjalin komunikasi yang akrab pada sesama masyarakat atau sesama manusia
2. Mengerti, maksudnya mengerti terhadap pandangan hidup yang dapat dilihat dari orang lain yang bisa dipahami oleh kita untuk mengerti perasaan setiap orang dalam berexpresi
3. Menghayati, dengan menghayati hidup kita memperoleh gambaran yang tapat dan benar mengenai kebenaran pandangan hidup itu sendiri.
4. Meyakini,  merupakan suatu hal untuk cendeerung memperoleh suatu kepastian sehingga dapat mencapai suatu tujuan didalam kehidupan untuk mencari pastinya apa yang sudah di rencanakan.
5. Mengabdi, merupakan sesuatu hal yang penting dalam menghayati dan meyakini sesuatu yang telah dibenarkan dan diterima baik oleh dirinya dan orang lain terutama mengabdi pada tuhan yang maha esa.
6. Mengamankan, mungkin sudah merupakan sifat manusia bahwa bila sudah mengabdikan diri pada suatu pandangan hidup lalu ada orang lain yang menggangu dan atau menyalahkannya tentu dia tidak menerima dan bahkan cenderung untuk mengadakan perlawan yang dapat membela diri untuk bahwa dirinya layak untuk di percaya.
Contoh kasus : untuk melangkah hidup yang baik harus diawali pikiran yang jernih,tidak macam macam dalam berpikir dan selalu berpikiran positif apapun keadaannya dan selalu ikhlas istilahnya kalau belum rejeki ya sudah mungkin tuhan ingin kita lebih bersabar lagi meyakini bahwa tuhan itu adil jadilah manusia yang selalu mengabdi padanya yang sholeh,sholeha dll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar